ARASY Demo Anti Macron, Polisi Gelar Aksi Prokes

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni memberikan masker kepada salah satu peserta aksi ARASY di Alun-alun Kota Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Kesungguhan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni dan jajarannya dalam menegakkan peraturan protokol kesehatan (prokes) mutlak adanya. AKBP Sumarni tidak pernah melewatkan waktu dan kesempatan tanpa menyampaikan kampanye sosial untuk pengamalan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan).

banner 970x90

Di tengah demo besar ARASY  (Aliansi Rakyat dan Aktivis Sukabumi Raya) di depan Masjid Agung Kota Sukabumi, Senin (9/11/2020), Kapolres Sukabumi beserta anak buahnya menyertakan aksi simpatik prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah lautan massa. Tugas utama dalam pengamanan demo tetap jalan, dia juga sukses mengamankan massa dari ancaman penularan Virus Corona.

Dalam aksi simpatik itu, Kapolres dan beberapa personel Polres Sukabumi Kota aktif berkeliling untuk membagikan masker kepada peserta demo yang menyerukan boikot produk Prancis. Polisi juga menyediakan handsanitizer untuk digunakan oleh massa ARASY.

“Tugas kami  tidak hanya mengamankan aksi unjuk rasa. Kami juga tetap melaksanakan tugas sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan,” kata AKBP Sumarni di tengah kesibukan pengamanan aksi unjuk rasa ARASY.

Sebelumnya, Kapolres menggelar aksi yang sama yakni sosialisasi dan membagikan masker kepada peserta aksi dari Garis (Gerakan Reformis Islam) di depan Balai Kota Sukabumi pada Rabu, 4 November 2020 lalu.

“Kami masih menemukan peserta aksi yang tidak mengenakan masker, sebagian masih tetap berkerumun. Tugas kami membagikan masker dan mengimbau massa tidak membentuk kerumunan,” tuturnya.

Penyebaran Virus Corona mudah terjadi di tengah kerumunan manusia yang tidak terkendali. Saat ini wabah Covid-19 belum juga mereda. Kapolres khawatir, peserta aksi yang tidak melaksanakan protokol kesehatan dapat membawa Virus Corona ke rumahnya atau lingkungan sosialnya.

“Salah satu tugas kami adalah memastikan protokol kesehatan dijalankan di tengah aksi agar pesertanya tidak membawa virus ke rumah dan keluarganya ke rumah,” kata AKBP Sumarni.

Dia juga mengimbau peserta aksi agar langsung mandi setelah beristirahat secukupnya dan mencuci pakaian yang dipakai selama mengikuti demonstrasi. (*)  

Berita terkait: Polres Sukabumi Kota Bagikan Masker kepada Pendemo dari Garis

Print Friendly, PDF & Email