Pembangunan Puskesmas Buniwangi Direalisasikan Tahun Ini

oleh -
Bangunan Puskemas Buniwangi masih dalam proses penyelesaian yang pembangunannya dibiayai oleh DAK tahun anggaran 2020.

Wartawan Dicky Sopyan

Tidak lama lagi Puskesmas Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menjelma menjadi bangunan megah berlantai dua dengan fasilitas yang lengkap untuk ukuran fasilitas kesehatan di tingkat desa. Saat ini, gedung Puskesmas yang terletak di Jalan Raya Cibungur RT 18 RW 03 Desa Buniwangi itu masih dalam tahap pembangunan.

banner 970x90

“Pembangunan gedung ini sudah lama direncanakan, tapi baru bisa direalisasikan tahun ini. Insya Allah pembangunannya lancar dan tidak lama lagi selesai,” kata Kepala UPTD Puskesmas Buniwangi, Sunarya, Am.Kep., S.K.M., M.M. kepada wartawan, Sabtu (7/11/2020).

Kehadiran gedung puskesmas yang megah dengan fasilitas yang lengkap, ujar dia, sangat ditunggu-tunggu oleh warga di empat desa yaitu Desa Buniwangi, Desa Pasiripis, Desa Cipeundeuy,  dan Desa Sukatani di Kecamatan Surade.

Selama ini warga bisa mendapatkan pelayanan yang cukup lengkap untuk melahirkan atau berobat jalan karena di puskesmas ini terdapat fasilitas yang lengkap dengan ditunjung tenaga dokter, perawat, dan bidan. Setelah pembangunan gedung baru selesai, masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang lebih meningkat.  

“Kami terus mengajukan permohonan kepada Pemkab Sukabumi melalui Dinas Kesehatan untuk membangun prasarana dan sarana kesehatan yang lebih lengkap di Puskesmas Buniwangi,” ujar Sunarya.

Bangunan puskesmas yang baru berdiri atas lahan yang luasnya 1.014 meterpersegi. Bangunannya berupa gedung dua lantai dengan ukuran 430 meterpersegi. Sumber dana untuk membiayai pembangunan Puskesmas Buniwangi berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020.  

“Kami mensyukuri atas dilaksanakannya pembangunan ini. Berkat kebijakan dan respon kepala daerah dan pimpinan Dinas Kesehatan, pembangunan gedung baru dapat terwujud,” tuturnya.  

Bangunan baru didirikan di atas bangunan lama yang dirobohkan. Selama pembangunan berlangsung, Puskesmas Buniwangi menyelenggarakan pelayanan di gedung yang terdapat di bagian belakang gedung yang dibangun. (*)

Print Friendly, PDF & Email