Blusukan di Dapil 2, Cawabup Sirojudin Serap Aspirasi Para Petani

oleh -
Pertemuan di rumah Ketua Poktan Bodogol Sejahtera di Kampung Bodogol, Desa Benda, Kecamatan Cicurug. Tampak berjejer di belakang, Sirojudin (tengah) didampingi Ketua Poktan Yandi Setiandi di sebelah kirinya dan ketiga dari kanan H. Tata Subrata.

Wartawan Aep Saepudin  

Calon Wakil Bupati (Cawabup) Sukabumi, H. Sirojudin, S.E. menggelar kegiatan blusukan dai Kampung Bodogol, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (7/11/2020). Salah satu agenda cawabup dari pasangan calon (paslon) nomor urut 3 itu adalah berdialog dan menyerap aspirasi para petani melalui Kelompok Tani (Poktan) Bodogol Sejahtera.

Kedatangan Sirojudin ke Kampung Bodogol disambut dengan antusias serta meriah dan penuh kegembiraan. Para petani mengeluk-elukkan Sirojudin sebagai pemimpin Kabupaten Sukabumi ideal di masa depan. Dia juga melakukan pertemuan dengan sesepuh dan ulama setempat guna mencari dukungan moril dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun ini. 

Sirojudin berkunjung ke Kampung Bodogol bersama tim yang dipimpin Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi, H. Tata Subrata. PDI Perjuangan bersama PKB dan PPP serta PBB yang bergabung di dalam Koalisi Bersih mengusung dan mendukung DR. KH. Abu Bakar Sidik, M.Ag. – H. Sirojudin, S.E.  pada Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020.

Rombongan blusukan singgah dan berkumpul dengan para petani di rumah Ketua Poktan Bodogol Sejahtera, Yandi Setiandi. Dari dialog yang terjadi, Sirojudin dapat menangkap keluhan dan menyerap aspirasi para petani di Kampung Bodogol. Dia pun berjanji akan menyelesaikan keluhan mereka melalui program Kartu Tani Nelayan jika menang dalam Pilkada. 

Penduduk Kampung Bodogol sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani. Kehidupan mereka sangat bergantung pada hasil pertanian. Yandi dan anggota kelompoknya dengan jumlah sekitar 50 petani mengandalkan ekonomi mereka dari kegiatan bercocok tanam padi, palawija, dan sayuran. 

Kepada hadirin, Sirojudin menjelaskan, pasangan Bakang-Siroj memiliki tiga program kartu dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Ketiga program itu terdiri dari Kartu Petani Nelayan, Kartu UMKM, dan Kartu Guru Ngaji. Untuk program kartu masing-masing, Bakang-Siroj akan menganggarkan dana sebesar Rp100 miliar pertahun. Jadi semuanya Rp300 miliar.

“Guna menjawab segala keluhan Bapak-bapak, kami telah menyiapkan program Kartu Tani Nelayan. Dari program ini, para pemegang kartu ini akan mendapatkan bantuan sebesar satu juta rupiah pertahun. Kami targetkan jumlah penerimanya 100 ribu petani dan nelayan,” jelas Sirojudin.

Karena itu agar program tersebut dapat menjadi kenyataan, Siroj mengajak para petani dan warga Kampung Bodogol untuk memilih paslon nomor urut 3. Bakang-Siroj berpandangan, sudah saatnya sekarang petani dapat meraih dan mewujudkan kesejahteraannya.  

Di tempat yang sama Yandi Setiandi mengatakan, kehadiran Sirojudin ke kampungnya membawa harapan bagi penduduk. Dia yakin, Bakang-Siroj dapat mewujudkan aspirasi dan harapan para petani. Karena itu, Yandi akan memberikan dukungan penuh kepada paslon nomor urut 3.

“Kami Poktan Bodogol Sejahtera menaruh harapan besar kepada Pak Bakang dan Pak Siroj dalam mengangkat nasib dan mensejahterakan para petani. Pasangan calon ini dapat membantu kami keluar dari masalah-masalah yang menyulitkan para petani,” ujar Yandi.

Seperti terjadi saat ini para petani menghadapi harga pupuk nonsubsidi yang melambung tinggi hingga Rp7 ribu, asalnya Rp2 ribu perkilogram. Keadaan ini sangat menyulitkan para petani setiap kali menghadapi musim tanam.

Menurut dia, perhatian pemda terhadap masih kurang. Sebagian besar petani mengelola usaha pertaniannya secara mandiri. Karena itu, Yandi mengharapkan Kartu Tani Nelayan yang ditawarkan paslon nomor urut 3 dapat diwujudkan. Program ini menjadi tumpuan harapan para petani.

“Semoga Pak Bakang dan Pak Sirojudin menang pada Pilkada tahun 2020. Agar Kartu Tani Nelayan bisa direalisasikan,” tuturnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email