Pemdes Cibodas Serahkan 215 Sertifikat dari Program PTSL

oleh -
Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman (kedua dari kiri) bersama perangkat desa dan para penerima sertifikat dari program PTSL.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Pemdes Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi membagikan 215 sertifikat dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Tak pelak kegiatan tersebut membuat bahagia dan tersenyum lebar para penerima sertifikat.

Pembagian sertifikat dilaksanakan di Aula Kantor Desa Cibodas, Kamis (5/11/2020). Masyarakat yang terdaftar sebagai peserta program PTSL sangat antusias mengikuti pembagian sertifikat tersebut. Mereka sejak lama telah merindukan sertifikat sebagai bukti pengakuan negara atas kepemilikan tanah perorangan.

Penyerahan sertifikat tanah dilakukan langsung oleh petugas dari BPN Kabupaten Sukabumi. Di tempat pembagian tanah tampak hadir Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman, Bhabnkamtibmas Desa Cibodas, Babinsa Cibodas Koptu Sugiyanto, perangkat desa, dan tokoh masyarakat.

“Mudah-mudahan sertifikat tanah ini bermanfaat bagi warga desa. Kami akan terus mendorong seluruh bidang tanah di Desa Cibodas mempunyai sertifikat agar berkekuatan hukum dalam kepemilikannya,” kata Kades Ujang ketika ditemui di sela pembagian sertifikat program PTSL.

Para penerima sertifikat tanah dari program PTSL di Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Seluruhnya, ujar dia, kuota program PTSL di Desa Cibodas mencapai 1.400 sertifikat. Program ini, kata Ujang, akan dikawal langsung oleh pemdes agar semua tahapannya dapat  berjalan dengan baik dan tidak terjadi penyelewengan seperti pungutan liar (pungli).

“Kami jalankan program ini sesuai aturan. Tak ada pungli dan semoga semua sertifikat dapat cepat diselesaikan,” ujarnya.

Kades juga mengimbau warganya untuk memanfaatkan program PTSL dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email