Camat Surade Tebar 10 Ribu Bibit Ikan di Danau Cikalapa

oleh -
Camat Surade Ukat Sukayat (paling kanan) bersama Kades Cipeundeuy dan berbagi unsur masyarakat pada penebaran bibit ikan nila di Danau Cikalapa.

Wartawan Dicky Sopyan

Camat Surade, Kabupaten Sukabumi Ukat Sukayat  memimpin penebaran bibit ikan nila di Danau  Cikalapa, Desa Cipeundeuy, Kamis (5/11/2020). Pada aksi sosial pelestarian lingkungan hidup itu, Camat Ukat hadir bersama Kepala Desa Cipeundeuy Bakang Anwar As’adi, perwakilan KNPI Kecamatan Surade, dan masyarakat.  

Ikan yang ditebar merupakan hibah dari Komunitas Raja Maung yang dikenal sebagai kelompok peduli lingkungan. Ukat tampak bahagia ketika menebarkan bibit ikan di danau yang lingkungannya masih asri dan alami itu.

Jumlah bibit ikan yang ditabur di Danau Cikalapa kira-kira 10 ribu bibit ekor. Setelah menanamkan bibit ikan, Camat Ukar dan Kades Bakang serta rombongan melakukan peninjauan ke sekitar Danau Cikalapa.

“Kami imbau masyarakat untuk menjaga dan ikut memelihara bibit ikan ini hingga besar agar ukurannya layak untuk dikonsumsi. Semua warga yang tinggal di sekitar Danau Cikalapa harus dapat menjaga bibit ikan yang ditanam hari ini,” kata Ukat.

Kepada para penggemar memancing, Camat Surade meminta mereka untuk menahan diri tidak mengambil ikan yang masih kecil. Memancing boleh-boleh saja, tetapi hendaknya mereka mengambil ikan yang ukurannya besar-besar.

“Jangan pula ada yang menggunakan alat setrum atau racun portas untuk mengambil ikan sebab kedua cara itu dapat membunuh semua ikan dan biota danau,” ujarnya.  

Pada bagian lain Ukat mengajak semua kalangan masyarakat untuk ikut memelihara dan menjaga kelestarian dan keindahan Dana Cikalapa. Danau yang terletak tidak jauh dari kawasan pantai itu memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata andalan.

“Namun tentunya lingkungan di Danau Cikalapa membutuhkan perbaikan-perbaikan di beberapa bagian seperti jalan, tempat parkir, dan beberapa fasilitas lainnya,” ujar camat.

Nantinya, kata dia, pengembangan dan perbaikan sarana di Danau Cikalapa akan melibatkan perangkat daerah terkait. Programnya harus disesuaikan dengan anggaran yang tersedia pada perangkat daerah.

“Saya titip kepada masyarakat, danau ini adalah milik kita bersama bukan milik kades, camat, atau pemerintah daerah. Saya  imbau tolong dipelihara bersama,” ucapnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email