Pjs. Bupati Dorong Pekerja Migran Tempuh Jalur Legal

oleh -
Pertemuan antara Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad (kanan) dengan jajaran pengurus SBMI Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad mengatakan, pekerja migran sebagai penyumbang devisa harus mendapat perlindungan dari negara. Karena itu hendaknya tenaga kerja yang akan berangkat ke luar negeri menempuh jalur legal sesuai aturan di Indonesia maupun negara tujuan.

banner 970x90

Pernyataan Gani itu disampaikan saat menerima rombongan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Sukabumi di Pendopo Sukabumi, Selasa (3/11/2020). Selama ini, negara selalu turun tangan untuk membantu pekerja migran yang menghadapi permasalahan di luar negeri.

“Bagi tenaga kerja yang berangkatnya legal, pemerintah dapat ikut menyelesaikan WNI yang menemui masalah di negeri orang. Namun kalau pekerjanya berangkat secara ilegal, pemerintah akan menghadapi berbagai kendala ketika akan membantu pekerja migran bermasalah,” kata Pjs. Bupati Sukabumi.

Legalitas pekerja migran harus menjadi perhatian semua kalangan, baik pemerintah, serikat pekerja migran, maupun masyarakat, ujar dia. Dalam urusan  ini, semua kalangan harus bersinergi guna mendorong terwujudnya pekerja migran yang legal untuk tujuan ke semua negara.

“Masalah tenaga kerja migran ini harus menjadi perhatian kita semua. Pemerintah dan para pemangku kepentingan harus menngencarkan sosialisasi bagi para calon pekerja migran yang akan bekerja di negeri orang. Para pekerja harus legal agar mereka terlindungi dari sisi hukum jika terjadi masalah,” kata dia.

“Dalam penanganan masalah pekerja migran ini harus terbangun sinergitas dan koordinasi yang kuat antara pemerintah dan stakeholder,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua SBMI Sukabumi, Jejen Nurjanah menerangkan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah melalui perangkat daerah terkait ketika akan menyelesaikan permasalahan pekerja migran. SBMI selalu berdiri paling depan dalam menyelesaikan pekerja migran yang berasal dari Sukabumi.

“Ketika ada kasus yang menyangkut pekerja migran, kami selalu bekerja sama dengan gugus tugas untuk ikut menangani dan menyelesaikannya. Sejuah ini kami dapat menyelesaikan permasalahan pekerja migran yang kami tangani,” ujar Jejen.

SBMI juga bersama pemerintah daerah terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk membangun kesadaran calon pekerja migran agar menempuh jalur resmi. Dengan menempuh jalur legal, pekerja migran akan mendapatkan kemudahan ketika terjadi masalah. (*)   

Print Friendly, PDF & Email