FKPM Tampil Bersama Ormas dan Aparat untuk Mendorong Penerapan Protokol Kesehatan

oleh -
Ketua FKPM Wilayah VI, Bambang Jatnika Baroy.

Wartawan Dicky Sopyan

Peran Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Wilayah Vl Pajampangan, Kabupaten Sukabumi dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 tidak bisa dianggap sebelah mata. FKPM selalu berada di tengah kegiatan massal yang dihadiri banyak orang untuk mengimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

banner 970x90

“Kami siap berdiri di depan bersama organisasi lain dan aparat pemerintah untuk mensosialisasikan aturan protokol kesehatan dan mendorong masyarakat untuk melaksanakannya,” kata Ketua FKPM Wilayah VI, Bambang Jatnika Baroy ketika sedang mengawasi penerapan protokol kesehatan pada pencairan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di BRI Surade, Kabupaten Sukabumi, Selasa (3/11/2020).

Dalam kegiatan itu, FKPM bergandengan tangan dan bekerja sama dengan TNI, Polri, Saat Pol PP, dan Pemuda Pancasila (PP). Bambang dan anak buahnya serta unsur lainnya terus mengawasi para penerima bantuan agar mereka tetap mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam ruangan.

FKPM, selalu siap turun ke lapangan untuk mengamankan aturan protokol kesehatan agar dijalankan oleh masyarakat. Dengan pengetatan protokol kesehatan, ujar Bambang, Covid-19 tidak akan menyebar di kawasan Pajampangan, khususnya Kecamatan Surade.

“Alhamdulillah, sebagian besar masyarakat sudah menyadari pentingnya mengenakan masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan Virus Corona,” kata dia.

Dalam proses pengawasan protokol kesehatan itu ada kejadian yang menggelitik. Pada saat tim  FKPM  datang ke BRI Surade, sebagian warga di antaranya remaja sedang berkumpul. Mereka langsung menutupi mulut dan hidung dengan masker. Ada juga yang bergegas mengambil masker dari dalam kantong baju atau celana.

“Jadi kehadiran kami di tempat keramaian selalu diidentikkan sebagai pengawas penerapan protokol kesehatan. Masyarakat sudah mengetahui, kami bersama unsur ormas dan aparat selalu tegas tapi tetap sopan dalam urusan penegakan protokol kesehatan,” ujar Bambang.

Aktivitas FKPM dalam mensosialisasikan dan menegakkan aturan protokol kesehatan tidak hanya di tempat-tempat kegiatan yang dihadiri banyak orang. Secara rutin Bambang dan rekan-rekannya juga menyampaikan seruan kepada masyarakat di berbagai tempat dan kesempatan untuk melaksanakan 3M (memakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

“Kami terpanggil untuk membantu pemerintah dalam mencegah dan menekan penularan Covid-19,” tuturnya. 

Dalam melaksanakan aksi sosialnya, FKPM selalu menggunakan cara-cara persuasif. Ketika menemukan warga yang tidak mengenakan masker, Bambang akan medekatinya untuk memberikan pemahaman.

Biasanya warga yang diberi arahan langsung bersedia untuk membeli masker di kios terdekat untuk dipakai. Dalam keadaan tertentu, Bambang memberikan masker gratis kepada warga yang tidak membawa masker.

“Secara umum tugas kami adalah ikut menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Kami juga siap mensukseskan Pilkada serentak tahun 2020 yang pemungutan suaranya pada 9 Desember nanti. Pilkada juga harus aman dan sehat serta bebas dari penyebaran Covid-19,” kata Bambang. (*)

Print Friendly, PDF & Email