PPK Bojonggenteng Luncurkan Kampung Demokrasi

oleh -
PPS, PPK, Muspika Bojonggenteng, Kepala Desa Cibodas, dan unsur lainnya pada peluncuran Kampung Demokrasi di Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

PPK (PanitiaPemilihan Kecamatan) Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi  meluncurkan Kampung Demokrasi di Desa Cibodas, Sabtu (31/10/2020). Kehadiran Kampung Demokrasi itu sebagai bagian dari upaya untuk mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sukabumi tahun 2020. Peluncuran dilaksanakan di Balai Desa Cibodas.

banner 970x90

Pada peluncuran Kampung Demokrasi itu tampak hadir Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) Desa Cibodas Irman Sulaeman, Ketua PPK Bojonggenteng selaku yang punya hajat;, Abdul Aziz; Muspika Bojonggenteng; Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman; Babinsa; dan Bhabinkamtibmas Desa Cibodas.

Dalam sambutannya, Irman menjelaskan, dalam perhelatan demokrasi tahun ini, masyarakat harus diberi kebebasan untuk memilih sesuai dengan hati nurani mereka. Perbedaan yang terjadi harus dibina dengan baik agar tidak menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat. Dalam rangka itulah Kampung Demokrasi diluncurkan.

“Kita mempunyai pilihan yang berbeda-beda. Tapi jangan sampai perbedaan itu membuat kita menjadi dikotak-kotakkan. Demokrasi yang benar itu kita harus mampu membina perbedaan. Bukan mengkotak-kotakkan karena perbedaan,” kata Irman.

Dia pun mengajak masyarakat untuk membawa politik berlandaskan pada ketuhanan. Dengan landasan tersebut, dalam berpolitik tidak boleh ada tekanan atau paksaan. Sehingga pelaksanaan Pilkada dapat terselenggara dengan jujur, adil, dan berintegritas.

Di tempat yang sama, Ketua PPK Bojonggenteng, Abdul Aziz mengharapkan Desa Cibodas dapat menjadi contoh bagi 380 desa lainnya yang ada di Kabupaten Sukabumi dalam penyelenggaraan Pilkada dan pemilihan lainnya. Adanya Kampung Demokrasi di Cibodas dapat memperkuat posisi desa tersebut dalam mewujudkan Pilkada yang ideal.

“Saya mengajak masyarakat untuk menjaga nama baik Desa Cibodas dengan menjadikan Desa Cibodas sebagai percontohan dalam penyelenggaraan Pilkada yang sukses, aman, dan lancar,” tutur Azis.

Dia yakin, Cibodas dalam keadaan aman dan kondusif. Di Desa Cibodas yang telah meluncurkan Kampung Demokrasi tidak mungkin terjadi gesekan atau perselisihan dalam Pilkada. Kampung Demokrasi merupakan komitmen pemerintah, penyelenggara, tim pemenangan paslon, dan masyarakat untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis tanpa konflik.

“Komitmen ini harus dibangun oleh seluruh komponen pemerintahan dan masyarakat di semua desa yang ada di Kabupaten Sukabumi,” kata Azis. (*)

Print Friendly, PDF & Email