Tasyakur Akreditasi Pascasarjana, STAI Syamsul Ulum Gelar Seminar Nasional

oleh -

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Civitas academica Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul Ulum Sukabumi akan menggelar seminar nasional dengan tema perilaku intoleransi di tengah masyarakat. Seminar tersebut merupakan rangkaian kegiatan tasyakur atas diraihnya akrestasi dua program studi pada Program Pascasarjana STAI Syamsul Ulum Sukabumi.

banner 970x90

“Saat ini sedang marak perilaku intoleransi. Kami memberikan perhatian khusus pada permasalahan ini. Jadi kami mengangkatnya menjadi tema  seminar nasional,” kata Ketua Panitia  Tasyakur Akreditasi Pascasarjana dan Seminar Nasional STAI Syamsul Ulum, Dr. Jasmansyah, M.Pd. ketika ditemui di kampus STAI Syamsul Ulum Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Rabu (28/10/2020).

Seminar nasional, ujar Jasmansyah, bertajuk “Pendidikan dan Hukum Islam  dalam Perspektif Moderasi Islam”. Fokusnya pada dinamika moderasi Islam di Indonesia. Kegiatan dipusatkan di Auditorium Kiai Haji Ahmad Sanusi, Kompleks Pesantren Gunungpuyuh. Tanggal penyelenggaraannya Sabtu, 31 Oktober 2020. 

Pada seminar nasional itu, panitia menghadirkan narasumber yang berasal dari kalangan pakar dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung dan STAI Syamsul Ulum.

Para pembicara yang akan menyampaikan paparannya terdiri dari Prof. Dr. H. Juhaya S. Praja (Guru Besar UIN Bandung dan Pembina Akademik Pascasarjana STAI Syamsul Ulum) dan Prof. Dr. H. Muh. Najib, M.Ag. (Direktur Pascasarjana  STAI Syamsul Ulum). Moderatornya  Dr. H. Deden Effendi, M.Ag. Seminar akan diresmikan oleh Ketua STAI Syamsul Ulum, Dr. H. Syafruddin Amir, M.M.

Dalam seminar itu Prof. Juhaya akan membawakan materi Hukum Islam dalam Perspektif  Moderasi Islam sedangkan Prof. Najib membawakan materi  berjudul Pendidikan Islam dalam Perspektif Moderasi Islam.

“Tujuan seminar ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa baik jenjang sarjana maupun jenjang magister terkait konsepsi Islam dalam konteks Islam moderat di Indonesia. Selain itu diharapkan seminar ini dapat memberikan nilai tambah bagi civitas academica, baik dosen maupun mahasiswa dalam memahami Islam yang sesungguhnya,” jelas Jasmansyah.  

Seminar akan dilaksanakan dengan sistem daring (online) dan luring (tatap muka). Para peserta yang hadir secara tatap muka berasal dari kalangan dosen dan staf  STAI Syamsul Ulum, sedangkan peserta yang mengikuti seminar secara daring melalui fasilitas Zoom Meeting adalah para mahasiswa, baik jenjang sarjana maupun pascasarjana.

“Semoga seminar ini berjalan dengan baik dan berdampak positif terhadap perilaku beragama di masyarakat, khususnya di lingkungan STAI Syamsul Ulum Gunungpuyuh Sukabumi,” tutur Jasmansyah. (*)

Print Friendly, PDF & Email