Reses Pusat, Dewi Asmara Sosialisasikan Makanan Sehat

oleh -

Wartawan Denny Nurman AJ

Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Dewi Asmara menggelar reses bersama konstituen bertempat di Jalan Cibatu Nomor 315 Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/10/2020). Pada reses itu, politisi Partai Golkar ini membahas makanan dan obat-obatan yang sehat untuk hidup sehat di tengah pandemi Covid-19.

banner 970x90

Wakil rakyat yang berangkat dari Daerah Pemilihan Jabar IV Kota dan Kabupaten Sukabumi itu mengajak serta staf dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jawa Barat pada reses yang digelarnya. Dewi mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan makanan yang dikonsumsinya agar tidak membahayakan tubuh.

“Penting sekali masyarakat memiliki pengetahuan tentang makanan sehat dan menyehatkan. Masyarakat harus mengetahui ciri-ciri dan cara mendapatkan makanan yang sehat,” kata Dewi dalam ceramahnya.

Instansi pemerintah yang tugas pokok dan fungsinya melakukan pengawasan terhadap makanan dan obat-obatan adalah BPOM. Karena itu Dewi mengajak BPOM untuk  aktif mensosialisasikan makanan yang sehat dan memenuhi syarat kesehatan kepada masyarakat.

“Ceramah dari staf  BPOM bisa dijadikan bahan acuan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat terkait makanan,” ujar dia.

Di tengah pandemi Covid-19, lanjut Dewi, masyarakat harus bisa melakukan langkah antisipasi ketika akan mengkonsumsi makanan dan minuman. Jangan sampai masyarakat mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.  

“Dalam membuat makanan dan minuman, proses dan bahan-bahannya harus memenuhi syarat kesehatan,” terang Dewi.

Para peserta reses DPR RI di Cisaat Kabupaten Sukabumi yang diisi sosialisasi seputar makanan dan minuman sehat.

Di tempat yang sama, Yeni Restiani selaku staf dari BPOM Propinsi Jawa Barat mengimbau masyarakat agar tidak membuat makanan dengan bahan berbahaya seperti formalin dan bahan pewarna dari cat. Hindari pula penggunaan bahan kimia yang tidak sehat dan terlarang untuk digunakan.

“Kita juga harus memperhatikan kedaluwarsa dari makanan, minuman, dan obat-obatan. Ingat selalu sistem KLIK atau kenali lihat izin kedaluwasrsa,” jelas Yeni.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Cisaat, Kapolsek Cisaat, tokoh masyarakat, dan para mahasiswa dari Universitas Nusa Putra dan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Selama kegiatan reses, penyelenggara menerapkan aturan protokol kesehatan untuk pencegahan wabah Covid-19. (*)

Print Friendly, PDF & Email