Optimalkan Target Pembangunan, Pemda Terus Mencari Sumber Pendapatan

oleh -
Pjs Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad menyampaikan nota pengantar pada penjelasan RAPBD tahun anggaran 2021 di depan rapat paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan Cangehgar

Pemda terus mencari sumber-sumber pendapatan daerah untuk meningkatkan kegiatan pembangunan guna mengoptimalkan pencapaian target-target pembangunan. Berbagai pendapatan daerah tersebut dibutuhkan  untuk menutup pembiayaan pembangunan melalui perkiraan yang terukur secara rasional dan memperhatikan prioritas kegiatan sesuai dengan target yang  telah ditetapkan dalam RPJMD. 

banner 970x90

Hal itu disampaikan Pjs Bupati Raden Gani Muhamad pada rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi Jalan Jajaway Palabuhanratu, Selasa (27/10/2020). Rapat paripurna itu membahas dua agenda terkait APBD. Pertama Penyampaian Laporan Keputusan Pimpinan DPRD tentang Penyesuaian dan Penyempurnaan Hasil Evaluasi Gubernur atas Raperda tentang Perubahan APBD TA 2020. 

Agenda kedua Penyampaian Nota Pengantar Penjelasan Bupati mengenai Raperda Tentang APBD Tahun Anggaran 2021. RAPBD 2021 yang dibahas pada rapat paripurna itu merupakan APBD tahun terakhir masa kepemimpinan H. Marwan Hamami – H. Adjo Sardjono periode 2016-2021.

Dalam pidatonya, Pjs bupati juga menyampaikan tema pembangunan tahun 2021 yaitu “Pemeliharaan Infrastruktur Wilayah dalam Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi”. 

“Pendapatan daerah baik yang bersumber dari PAD, pendapatan transfer, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah  secara umum mengalami  dinamika yang fluktuatif dan harus dicermati  dengan seksama,” ujar Gani.

Pemkab Sukabumi selalu melakukan penyesuaian terhadap PAD yang bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan yang sah. Hal yang sama juga berlaku bagi dana perimbangan dari pemerintah pusat dan provinsi. 

Terkait penyusunan RAPBD 2021, Gani menjelaskan, pemda sangat memperhatikan masukan, perhatian, dan keinginan masyarakat terkait kegiatan pembangunan. Demikian pula, masukan dari perangkat daerah sangat diperhatikan.  

“Dalam merencanakan kegiatan pembangunan, kita harus mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. Sesungguhnya kemampuan keuangan daerah itu terbatas. Karena itu pembangunan dilakukan secara bertahap, tidak bisa sekaligus. Apalagi saat ini kita sedang melakukan penanganan wabah Covid-19,” kata Pjs bupati.  

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara yang didampingi para wakil ketua Budi Azhar Mutawali, M. Sodikin, dan Yudi Suryadikrama. Di tempat rapat tampak hadir antara lain Pj Sekda Zaenul, unsur Forkopimda, para kepala perangkat daerah, para camat, para kepala bagian di Setda, dan undangan.

Pimpinan rapat menyampaikan, DPRD dan pemda telah menyepakati untuk melaksanakan hasil penyesuaian oleh gubernur terhadap Perubahan APBD 2020. Dia meminta pemda untuk melakukan penyerapan anggaran sesuai penyesuaian dari gubernur. 

“Di dalam evaluasi gubernur juga ada beberapa poin khusus yang menggarisbawahi penanggulangan Covid-19 yang terkait dengan penyelesaian masalah ekonomi dan sosial. Poin ini sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Yudha. (*)

Print Friendly, PDF & Email