Di Desa Cipeuteuy, Pelaku Usaha Mikro Terima Kemudahan Pelayanan SKU

oleh -
Sejak pagi-pagi, para pelaku usaha mikro telah mengantre di tempat pelayanan Desa Cipeuteuy untuk mengurusi pembuatan SKU.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Calon penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Desa Cipeuteuy menerima kemudahan dalam pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) dari pemerintah desa setempat. Mereka tidak dibebani persyaratan yang berat dan macam-macam untuk mendapatkan salah satu syarat penciran BPUM tersebut.

banner 970x90

Dengan membawa KTP, KK, dan surat pengantar dari ketua RT/RW, para calon penerima bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM itu bisa langsung memperoleh SKU. Pelaku usaha mikro tersebut nyaris tidak menemukan kesulitan ketika mengurus surat untuk dilampirkan bersama persyaratan lainnya ke Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi.

“Kami harus memberikan kemudahan kepada warga kami yang berhak menerima bantuan untuk pengembangan usaha mikro. Kemudahan ini harus kami berikan karena itu merupakan hak mereka,” kata Kepala Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Tirta Jaya kepada wartawan, Senin (26/10/2020).

Sejak dibuka pendaftaran gelombang kedua untuk calon penerima BPUM, hampir setiap hari Kantor Desa Cipeuteuy didatangi warga yang akan mengurus SKU. Bagi perangkat Desa Cipeuteuy, kehadiran dan antrean para pemohon SKU tersebut merupakan hal yang lumrah karena mereka terbiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Antrean para pemohon SKU sudah terbentuk sejak pagi-pagi. Kami pun harus bergegas dan bergerak cepat untuk melayani mereka agar pembuatan SKU selesai dengan cepat dan tepat,” ujar Tirta.

Kepala Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Tirta Jaya.  

Kades Cipeuteuy mengharapkan semua pemohon dari desanya dapat menjadi penerima BPUM dari pemerintah pusat. Mereka mendapatkan peluang dan kesempatan untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat naik dari usaha mikro menjadi usaha kecil atau menengah.

“Saya minta kepada para penerima bantuan agar menggunakan dana yang diterima mereka dengan sebaik-baiknya. BPUM yang diterima benar-benar untuk pengembangan usaha mereka sesuai tujuan dari penyaluran bantuan tersebut, bukan untuk belanja kebutuhan sehari-hari,” kata kades.

Kepada aparat Pemdes Cipeuteuy, Tirta selalu berpesan untuk memberikan pelayanan prima disertai dengan senyuman dan sapaan yang ramah. Semua masyarakat, kata dia, berhak untuk menerima pelayanan terbaik dari perangkat desa. (*)

Print Friendly, PDF & Email