Peringati HSN, Ponpes Sunanulhuda Gelar Lomba Shalawat dan Baksos

oleh -
Pondok Pesantren Sunanulhuda di Jalan Raya Cisaat, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Denny Nurman AJ

Keluarga besar Pesantren Sunanulhuda Cisaat memperingati Hari Santri Nasional (HSN) dengan menggelar lomba shalawat dan bakti sosial. Seluruh kegiatan HSN itu dipusatkan di Pondok Pesantren Sunanulhuda di Jalan Raya Cisaat, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/10/2020).

banner 970x90

“Peringatan Hari Santri ini berjalan lancar dan sukses walaupun dalam serba kekurangan dan keterbatasan karena adanya aturan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19,” kata salah seorang pengurus Pesantren Sunanulhuda, Ustadz Iyan Mahfudin ketika ditemui di tengah kesibukan peringatan HSN.

Dengan adanya aturan protokol kesehatan, ujar dia, panitia HSN membatasi jumlah pengunjung dan mengatur tempat kegiatan untuk mencegah terjadinya kerumunan massa. Panitia juga mewajibkan pengunjung untuk mengenakan masker dan saling menjaga jarak.

Selain lomba shalawat dan bakti sosial, panitia HSN Pesantren Sunanulhuda juga menyelenggarakan kegiatan rohani berupa ziarah ke makam pendiri dan para guru besar pesantren tersebut.

“Semoga kegiatan ini mendatangkan manfaat, hikmah, dan keberkahan bagi kami dan masyarakat di sekitar Pesantren Sunanulhuda,” tutur Ustadz Iyan.

Ustadz Iyan Mahfudin, salah seorang pengasuh Pesantren Sunanulhuda.

Saat ini Pesantren Sunanulhuda dipimpin oleh KH. Fikri Ali Majid Sanusi. Pesantren ini telah melahirkan para kiai dan ustadz yang menyebar ke berbagai daerah. Jumlah alumninya mencapai ribuan orang. Metode pendidikannya disesuaikan dengan kebutuhan zaman, tetap membuka kajian kitab kuning ditambah pendidikan umum yang diimbangi dengan kemajuan teknologi saat ini.

“Pondok pesantren kami juga menyelenggarakan pendidikan umum mulai RA sampai MA. Sebagian besar anak didik kami mondok di pesantren, hampir 85 persen. Harapan kami mudah-mudahan para santri kami bisa melanjutkan cita-cita leluhur kami  dan  mengamalkan ilmunya ke masyarakat,” ujarnya.  

Salah seorang santri Sunanulhuda menyampaikan, dirinya merasa nyaman dan betah berada di lingkungan pesantren tersebut. Dia akan tekun belajar untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain sebagai bekal menjalani kehidupan di dunia dan akhirat. (*)

Print Friendly, PDF & Email