Legislator Ribka Sosialisasikan Pelayanan Kesehatan Rujukan

oleh -
Anggota Komisi IX DPR RI dr. Ribka Tjiptaning menyampaikan sosialisasi seputar pelayanan kesehatan rujukan, khsusunya untuk pasien Covid-19.
Para peserta sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak.

Wartawan Aep Saepudin  

Legislator pusat, Anggota Komisi IX DPR RI, dr. Ribka Tjiptaning  menggelar sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan bertempat di Lapang Pajajaran Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (21/10/2020).

banner 970x90

Kegiatan di bawah program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  yang dipimpin politisi PDI Perjuangan itu merupakan hasil kerja sama antara  Direktorat Jenderal Pelayananan Kesehatan  (Yankes) Kementerian Kesehatan RI dengan Komisi IX DPR RI.

“Ini hari kami sosialisasikan program Germas terkait pelayanan kesehatan rujukan. Salah satu fokusnya terkait rujukan untuk pasien Covid-19,” kata Ribka di tengah kegiatan sosialisasi.

Untuk pasien Covid-19, ujar dia, biaya perawatan dan isolasinya ditanggung oleh negara, baik peserta program BPJS maupun pasien umum. Tidak boleh ada petugas rumah sakit atau pemerintah yang memungut biaya dari pasien Covid-19. Para pasien harus mendapatkan pelayanan dari rumah sakit dengan gratis.

“Biaya untuk pasien Covid-19 itu ditanggung oleh negara. Ini berlaku untuk rumah sakit milik pemerintah atau swasta,” ujar Ribka.

Ketentuan pembiayaan pengobatan dan perawatan pasien Covid-19 itu, ujar dia, harus disosialisasikan kepada masyarakat agar diketahui oleh publik. Rakyat berhak tahu bahwa negara membayar biaya untuk penyembuhan pasien Covid-19.

“Dari wabah Covid-19 ini, kita harus mengambil hikmah dan melakukan langkah-langkah pencegahan. Salah satunya dengan selalu menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan,” kata Ribka.

Kedatangan legislator yang berangkat dari daerah pemilihan (Dapil) Kota dan Kabupaten Sukabumi itu didampingi tim dari Ditjen Yankes Kemenkes RI.

Bersama rombongan tim sosialisasi tampak pula Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi PDI Perjuangan, Hj. Elis Ernawati dan pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Cibadak Henry Wijanarko. Sementara peserta sosialisasi berasal dari masyarakat sekitar Desa Karangtengah. (*)  

 

Print Friendly, PDF & Email