Kontraktor Perkantoran Cangehgar Selesaikan Struktur Empat Lantai

oleh -
Struktur empat lantai dari enam lantai pada bangunan perkantoran Pemda Kabupaten Sukabumi di Lapang Cangehgar Palabuhanratu sudah selesai dikerjakan.

Wartawan M. Ridwan

Tahapan pembangunan struktur kompleks perkantoran Pemkab Sukabumi di kawasan Lapangan Cangehgar, Palabuhanratu sudah mencapai kira-kira 55 persen. Dari enam lantai yang direncanakan, kontraktor telah menuntaskan struktur 4 lantai. Diproyeksikan struktur dua lantai lagi selesai pada akhir tahun 2020.

banner 970x90

Kompleks perkantoran itu direncanakan untuk menampung semua perangkat daerah yang belum memiliki kantor di Palabuhanratu sebagai ibu kota Kabupaten Sukabumi. Beberapa perangkat daerah dimaksud antara lain Dinas Pendidikan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Sosial, dan Dinas Perindustrian dan ESDM.

Lingkungan perkantoran itu memiliki luas bangunan 97 x 52 meterpersegi dengan struktur 6 lantai. Pembangunannya dibagi ke dalam dua tahap yaitu tahap pembuatan struktur serta tahap arsitektur dan finishing. Kegiatan pembangunan struktur gedung perkantoran tersebut menghabiskan dana sekitar Rp50 miliar.

“Alhamdulillah kegiatan fisik pembangunan kompleks perkantoran Pemda Kabupaten Sukabumi sudah menyelesaikan 4 lantai, kira-kira 55 persen dari pekerjaan struktur dalam kurun waktu sekitar 3 bulan,” kata manajer proyek PT Tahta Jaga Internasional, Ir. Heru Supriatna, M.T. kepada wartawan, Selasa (20/10/2020) sore.

Setiap hari, ujar dia, PT Tahta mengerahkan para pekerja untuk menyelesaikan target penyelesaian struktur 6 lantai pada akhir tahun 2020. Heru yakin sebelum tahun 2020 menutup kalendernya, kegiatan pembangunan struktur 6 lantai dapat diselesaikan sesuai target.

“Dua lantai lagi dapat kami selesaikan pada akhir tahun ini sesuai dengan kontrak,” tuturnya. 

Berdasarkan kontrak, pekerjaan yang dilaksanakan tahun 2020 adalah pembangunan struktur enam lantai. Tahun depan, pekerjaan dilanjutkan dengan pekerjaan arsitektur seperti pemasangan bata, lantai, kaca, pintu, dan jendela. 

“Untuk tahun ini kami hanya mengerjakan struktur, tahun depan dilanjutkan  pada tahap pengerjaan arsitektur,” kata Heru. (*)

Print Friendly, PDF & Email