Camat Cidolog Apresiasi Pelaksanaan Renovasi Rutilahu di Desa Cikarang

oleh -
Tim monitoring kegiatan renovasi rutilahu di Desa Cikarang dipimpin Plt Camat Cidolog Hudin Sutardi, S.IP. (kedua dari kanan).
Tim monitoring tiba di salah satu rutilahu yang hampir selesai pembangunannya. Dari kiri ke kanan Kades Cikarang Atam, Kasi Kesos Sarif, Kepala Seksi Tratib Sana, dan Ketua TPK Desa Cikarang Tokeh Dayat.  

Wartawan Ari Jampang

Plt Camat Cidolog, Kabupaten Sukabumi, Hudin Sutardi, S.IP. mengapresiasi pelaksanaan kegiatan renovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) di Desa Cikarang. Atas prestasi yang dicapai Desa Cikarang itu, Hudin berjanji akan menambah alokasi dana untuk renovasi rutulahu tahun depan di desa tersebut.

banner 970x90

Apresiasi Plt Camat Cidolog itu disampaikan saat melakukan monitoring renovasi rutilahu ke Desa Cikarang, Rabu (21/10/2020). Hudin terkesan dengan kerja keras Pemdes Cikarang dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Cikarang yang dapat melaksanakan kegiatan renovasi rutilahu sesuai aturan dan berjalan dengan lancar.

“Kami mengapresiasi pelaksanaan renovasi rumah tidak layak huni di Desa Cikarang. Pelaksanaannya berjalan lancar dan sejalan dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis,” kata Hudin.

Karena itu, Kantor Kecamatan Cidolog akan mengupayakan penambahan alokasi dana untuk renovasi rutilahu di Desa Cikarang. Tahun 2021, jumlah rutilahu yang direnovasi di desa yang terletak paling timur di Kecamatan Cidolog itu harus ditambah.

“Tahun ini, jumlah rumah yang direnovasi di Desa Cikarang sebanyak 20 unit. Tahun depan jumlahnya harus bertambah,” ujar dia.

Dalam monitoring renovasi rutilahu, Hudin didampingi Kasis Keso Kantor Kecamatan Cidolog Sarif dan Kepala Seksi Trantib Sana. Dia disambut Kepala Desa Cikarang Atam dan Ketua TPK Desa Cikarang Tokeh Dayat.

Sampai sekarang kegiatan renovasi rutilahu di Desa Cikarang masih dalam tahap pengerjaan. Dana untuk renovasi rutilahu itu berasal dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi.

Besarnya dana yang diterima tiap keluarga penerima manfaat program mencapai Rp10 juta dengan alokasi penggunaan untuk material bangunan sebesar Rp9,2 juta dan untuk upah kerja Rp800 ribu.

Kegiatan renovasi dikelola dan ditangani TPK. Dalam hal ini Dayat dan rekan-rekannya mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab untuk mewujudkan rumah layak huni bagi warga penerima program.

Bantuan untuk 20 rutilahu itu disebar ke 6 kedusunan yang ada di Desa Cikarang. Rinciannya: Dusun Cimapag 4 unit rutilahu, Dusun Cimahi 4 unit, Dusun Pasirhalang 3 unit, Dusun Ciguha 3 unit, Dusun Cipadali 3 unit, dan Dusun Cibeber 3 unit rutilahu.

Di wilayah Kecamatan Cidolog, semua desa menerima alokasi dana untuk renovasi rutilahu. Desa-desa lain yang menerima bantuan tersebut terdiri dari Desa Cidolog 20 unit, Mekarjaya 5 unit, Cipamingkis 5 unit, dan Desa Tegallega 5 unit rutilahu. (*)

Print Friendly, PDF & Email