Pengawas Selenggarakan Supervisi PJJ ke SMK Parindo

oleh -
Pengawas SMA/SMK dari Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, Asep Mulyana ketika memberikan materi supervisi dan sosialisasi PJJ di SMK Parindo Cicurug.

Wartawan Suryana

Pengawas senior SMA/SMK pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Asep Mulyana menyelenggarakan supervisi dan sosialisasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) ke SMK Pariwisata Indonesia (Parindo) di Jalan Cimalati Cicirug Kabupaten Sukabumi, Selasa (20/10/2020). Dalam kunjungan supervisinya itu, Asep menjelaskan perkembangan terkini proses belajar belajar di tengah pandemi Covid-19.

banner 970x90

Di hadapan para guru, pengawas SMA/SMK itu juga menanyakan metode yang digunakan oleh para guru dalam menyampaikan pelajaran kepada murid. Bersamaan dengan itu Asep ingin mengetahui kesulitan dan hambatan yang dialami para guru di SMK Parindo selama menjalankan PJJ.

“Harapan kami para guru tidak berlebihan menyikapi dan menghadapi kondisi wabah Covid-19 seperti sekarang. Tapi tetap jangan lupa pula menataati dan melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Asep.

Pelaksanaan PJJ, kata dia, merupakan salah satu bentuk protokol kesehatan di sekolah di tengah wabah Covid-19 ini. PJJ diarahkan untuk mencegah terjadinya konsentrasi para guru dan siswa di lingkungan sekolah. Cara belajar jarak jauh ini bisa tetap efektif dalam mentransfer ilmu pengetahuan guru ke murid jika semua komponen di sekolah mentaati prosedur dan mekanisme PJJ.

“Yang penting manfaatkan teknologi dan sarana yang tersedia untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang menggunakan sistem ini,” kata dia.

Asep juga ingin mengetahui pengalaman serta seluk-beluk dan pengalaman para guru di SMK Parindo dalam menerapkan PJJ untuk mata pelajaran masing-masing. Salah seorang guru Astri Subangkit yang mengajarkan mata pelajaran Bahasa Jepang menjelaskan dan memperagakan cara mengajar yang menggunakan metode daring internet.

Pada bagian lain, Asep mendorong sekolah untuk melakukan kegiatan berbasis proyek yang bekerja sama dengan dunia industri. Penting juga memberikan materi pelajaran kewirausahaan kepada para siswa. Hasil dari kegiatan ini, kata dia, hendaknya dilaporkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jabar melalui pengawas.

Asep memilik jam terbang yang cukup tinggi sebagai pengajar. Dia berpengalaman selama puluhan tahun mengajarkan mata pelajaran akuntansi di SMAN Cikembar. Wilayah tugasnya sebagai pengawas meliputi SMA dan SMK yang terdapat di jalur Cisaat sampai dengan Cicurug. (*)

Print Friendly, PDF & Email