Aparat Gabungan Kecamatan Gunungpuyuh Menindak 10 Pelanggar Protkes

oleh -
Operasi Yustisi oleh petugas gabungan di depan Mapolsek Gunungpuyuh Resor Sukabumi Kota berhasil menjaring para pelanggar aturan protokol kesehatan.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Sebanyak 10 pengendara sepeda motor terjaring Operasi Yustisi yang digelar aparat gabungan dari Polsek Gunungpuyuh Resor Sukabumi Kota, Koramil Gunungpuyuh,  dan petugas dari Puskesmas setempat. Mereka dijatuhi hukuman berupa teguran lisan dan sanksi fisik berupa push-up.

banner 970x90

Sanksi yang dijatuhkan kepada 10 warga itu sebagai bentuk edukasi untuk menegakkan aturan protokol kesehatan (protkes) dalam rangka mencegah penyebaran wabah Covid-19. Mereka terbukti tidak mengenakan masker ketika berada di keramaian.

“Pemberian sanksi terhadap para pelanggar tersebut dilakukan untuk mengingatkan masyarakat tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” kata  Kapolsek Gunungpuyuh AKP Arif Sapta Rahardja ketika ditemui di lokasi Operasi Yustisi di depan Mapolsek Gunungpuyuh Jalan Merbabu Kota Sukabumi, Senin (19/10/2020). 

Warga yang terkena sanksi fisik tersebut tidak ada yang mengajukan protes. Mereka menyadari kesalahannya tidak mengenakan masker saat melaju di jalan raya yang merupakan tempat publik.

Operasi gabungan dimulai pukul 08.30 dan berakhir sekitar 09.45 WIB. Petugas tanpa ragu menghentikan semua sepeda motor yang pengendara atau orang yang diboncengnya tidak memakai masker.

“Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menerapkan aturan protokol kesehatan. Di masa pandemi Covid-19 ini, mengenakan masker dan melaksanakan aturan protokol kesehatan merupakan kewajiban bersama,” kata AKP Arif.

Jajaran kepolisian, ujar dia, bersama dengan unsur aparat lainnya selalu mengimbau masyarakat untuk melaksanakan 4M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air sabun, dan menghindari kerumunan. (*)

Print Friendly, PDF & Email