Siswa SMK Langlang Buana Sukabumi Ikuti PKL di Perusahaan Swasta dan Instansi Pemerintah

oleh -
Kepala SMK LBS, Asep Abdul Aziz, S.Pd. melepas para siswa dari Jurusan Multimedia yang akan mengikuti PKL di berbagai instansi pemerintah dan perusahaan swasta.

Wartawan Aep Saepudin  

Para siswa kelas XI dan XII SMK Langlang Buana Sukabumi (LBS) mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun pelajaran 2020-2021 di berbagai perusahaan swasta dan instansi pemerintah. Mereka dilepas oleh kepala sekolah dan para guru dari kampus SMK LBS di Jalan Cicurug RT 01 RW 01 Desa Cikembang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Senin (19/10/2020).

banner 970x90

Penglepasan para peserta PKL itu dipimpin oleh Kepala SMK LBS, Asep Abdul Aziz, S.Pd. didampingi Wakil Kepala Seklah (Wakasek) Bidang Kurikulum Seli Nurdianti dan Wakasek Bidang Kesiswaan Endang Herdianto, S.Pd.I.

Di tempat penglepasan para peserta PKL tampak pula Kepala Program Multimedia  Willy Hadiansyah, S.Kom. dan Kepala Laboratorium Multimedia Heri Almi Maulana. Pada penglepasan itu, secara simbolis Willy menyerahkan buku panduan PKL kepada salah seorang siswa.

“PKL diikuti para siswa dari Jurusan Multimedia. Selama berada di tempat PKL, para siswa akan mempraktikkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya di sekolah yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kantor,” kata Asep ketika melepas para siswa.

Instansi pemerintah dan perusahaan swasta yang dijadikan tempat PKL para siswa SMK LBS antara lain Kantor Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi, Media Komputer di Cisaat, Galuh Komputer di Cikukulu Kecamatan Cicantayan, dan media online sukabumionline.net di Kampung Cisande Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan.

Kepada para peserta PKL, Kepala SMK LBS berpesan agar mereka mengikuti pertunjuk dan arahan dari pimpinan atau staf di tempat PKL. Para siswa harus dapat menyesuaikan diri dengan keadaan dan aturan yang berlaku di kantor atau perusahaan tempat praktik.

“Melalui PKL, siswa dapat mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah sehingga dapat diterapkan dengan baik di lingkungan perusahaan atau instansi pemerintah,” kata Asep.

Selain itu, PKL dapat membentuk pola pikir yang konstruktif sehingga para siswa dapat melihat peluang usaha atau pekerjaan di masa depan. Tujuan lainnya PKL dapat melatih siswa untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya sehingga mereka tidak merasa takut atau canggung lagi berkomunikasi secara profesional.

“PKL juga bertujuan untuk mengembangkan kerja sama yang baik antara sekolah dengan dunia usaha maupun dunia industri,” jelasnya.

SMK LBS yang bernaung di bawah Yayasan Cahya Ning Galih mengelola dua jurusan. Selain Multimedia, jurusan lain yang diselenggarakan sekolah kejuruan ini adalah Perbankan Syariah. (*)

Kepala Program Multimedia  SMK LBS Willy Hadiansyah, S.Kom. menyerahkan buku panduan kepada salah seorang peserta PKL. 
Para peserta PKL yang akan mengikuti PKL di Kantor Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

Print Friendly, PDF & Email