Di Tengah Serangan Covid-19, Desa Rambay Terus Membangun

oleh -
Dari Balai Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi inilah, pemerintah desa setempat menggalakkan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Wartawan Ari Jampang

Masyarakat dan Pemerintah  Desa (Pemdes) Rambay di Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi tidak mengenal kata menyerah dalam upaya membangun dan memajukan desa. Di tengah serangan wabah Covid-19, Desa Rambay terus membangun dan menjalankan program-program yang telah digariskan pemerintah.

banner 970x90

“Kegiatan pembangunan tidak boleh berhenti seberat apa pun halangan dan tantangan yang dihadapi. Pada masa wabah ini, kami melaksanakan semua program pembangunan sesuai harapan masyarakat,” kata Kepala Desa (Kades) Rambay, H. Suryadi kepada wartawan di kantornya, Senin (19/10/2020).

Salah satu program yang telah dituntaskan adalah penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang sumber dananya dari Dana Desa (DD). Pemdes Rambay telah menyelesaikan tiga tahap penyaluran BLT dari Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Jumlah penerimanya sebanyak 145 kepala keluarga yaitu mereka yang terdampak wabah Covid-19.

“Sesuai instruksi pemerintah pusat, desa harus mengalokasikan sebagian Dana Desa untuk BLT. Kami telah melaksanakan perintah itu dengan baik,” tutur Suryadi.

Kepala Desa Rambay, H. Suryadi.

Adapun kegiatan fisik infrastruktur yang telah dilaksanakan antara lain pengaspalan jalan dan pembangunan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Pengaspalan jalan dibiayai oleh DD tahun anggaran 2020. Lokasinya di Kampung Cibeureum Desa Rambay dengan panjang 330 meter dan lebar 2,3 meter.

Sementara bangunan PAUD dibangun dengan dana Bantuan Keuangan Kabupaten (BKK) dengan ukuran dan model minimalis. Bangunan PAUD ini terletak di Kampung Cilimus Desa Rambay.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,  semua staf kantor desa, baik kepala urusan maupun kepala seksi harus hadir di kantor selama jam kerja. Staf yang tidak hadir di kantor harus mendapat izin dari kades, misalnya untuk kegiatan rapat atau keperluan lain yang ada hubungannya dengan tugas dinas. (*)  

Print Friendly, PDF & Email