Sah, Calon Nomor 1 Menang pada Pemilihan di Kampung Bojongsari

oleh -
Proses pemungutan suara pada pemilihan Ketua RT 02 RW 01 Kampung Bojongsari, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Pemilihan Ketua RT di Kampung Bojongsari, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi berjalan dengan lancar dan demokratis. Pada pemilihan itu, calon nomor urut 1 atas nama Andi Hidayat tampil sebagai peraih suara terbanyak. Dengan demikian Andi sah untuk menjabat Ketua RT 02 di Kampung Bojongsari RW 02 Desa Cibunarjaya.

banner 970x90

“Pemilihan Ketua RT 02 Kampung Bojongsari dilakukan dengan cara demokrasi. Sebanyak 126 warga sangat antusias mengikuti pemilihan ini,” kata Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT 02 RW 01 Kampung Bojongsari, Ade Somantri ketika ditemui setelah pemilihan, Ahad (18/10/2020).

Andi berhasil mengalahkan Elas Sulastri sebagai calon nomor 2 dan Nanang sebagai calon nomor urut 3. Perolehan suara pada pemilihan itu: Andi 60 suara, Elas 36 suara, dan Nanang 30 suara.

“Pemilihan ketua RT ini digelar karena ketua RT yang masih menjabat mengundurkan diri. Semenjak dahulu pemilihan ketua RT di tempat kami selalu dengan cara pemilihan langsung,” ujar Ade yang sehari-hari aktif sebagai pengurus KNPI Kecamatan Ciambar.

Alhamdulillah, kata dia, pemilihan Ketua RT 02 itu mendapatkan apresiasi dari Kepala Desa Cibunarjaya, Ujang Suhanto dan para tokoh masyarakat di Kampung Bojongsari. 

Para peserta pemilihan Ketua RT 02 Kampung Bojongsari dari kiri ke kanan: nomor urut 1 Andi Hidayat, nomor urut 2 Elas Sulastri, dan nomor urut 3 Nanang.  

Ketika dihubungi melalui telepon seluler Kades Ujang Suhanto memuji penyelenggaraan pemilihan ketua RT tersebut yang berlangsung secara demokratis serta langsung, umum, bebas, dan rahasia. Terlebih warga sekitar mengikuti pemilihan dengan antusias.

“Saya mengapresiasi dan bersyukur, pemilihan berjalan dengan aman dan tertib,” kata Ujang.

Hendaknya, ujar dia, pemilihan ketua RT merupakan langkah awal untuk membangun dan memelihara ketertiban dan keamanan lingkungan bagi ketua RT terpilih. Ujang mengharapkan ketua RT terpilih dalam meningkatkan keamanan, ketertiban, silaturahmi, dan kebersamaan masyarakat.

“Ketua RT 02 harus bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan mengutamakan kepentingan warga RT 02. Para calon yang tidak terpilih hendaklah bersikap legowo menerima hasil pemilihan. Jadi calon terpilih dan calon yang tidak terpilih harus bersama-sama membangun lingkungan RT 02,” tutur Ujang. (*)

Print Friendly, PDF & Email