,

Melanjutkan Kebaikan dengan Pembangunan untuk Memajukan Daerah

oleh -
Calon Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika berdialog seputar visi misi pembangunan di Kabupaten Sukabumi bersama kalangan generasi milenial.

Wartawan M. Ridwan

Bagi paslon bupati-wakil bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M. dan Drs. H. Iyos Somantri, M.Si. melanjutkan kebaikan berarti meneruskan pembangunan untuk memajukan daerah. Sebagai calon petahana, Marwan telah berbuat banyak untuk memajukan dan membangun Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

“Kita harus melanjutkan kebaikan untuk kemajuan dan kebaikan masyarakat. Kebaikan lahir maupun kebaikan batin. Ke depan masih banyak yang harus kita lakukan untuk melanjutkan kebaikan,” kata Marwan dalam wawancara di rumahnya di Kampung Jamban, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (16/10/2020).

Selama lima tahun ke belakang, Marwan menggulirkan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan yang hasil dan pencapaiannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Di bawah kepemimpinannya, Kabupaten Sukabumi sukses meraih 249 penghargaan tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional atas prestasinya dalam pembangunan.

Marwan juga berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas pemeriksaan pengelolaan keuangan daerah dan pembangunan. Dalam kurun masa jabatannya, dia membangun berbagai infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat seperti jalan, jembatan, dan irigasi.

“Di bidang pembangunan dan pengelolaan keuangan dengan, Kabupaten Sukabumi masuk ranking 10 besar se-Indinesia,” ujar Cabup Sukabumi nomor urut 2 tersebut.

Selain itu, dia memulai pembangunan perkantoran di Jajaway Palabuhanratu sebagai bagian dari persiapan pemekaran Kabupaten Sukabumi. Pemekaran dapat dilakukan dengan cepat dan efektif jika daerah induk telah memiliki perkantoran pemda yang terpusat di satu tempat.

Sejarah mencatat, Marwan berhasil memulai pembangunan jalan tembus dari Kadudampit ke Sukalarang sebagai jalan alternatif dan jalur pariwisata. Pembangunan jalur inip  pun akan diselesaikan sesuai harapan masyarakat.   

“Dengan melanjutkan kebaikan program pembangunan yang tertunda  dan masih berjalan dapat terselesaikan. Harus saya akui banyak program pembangunan yang belum tuntas dan harus diselesaikan,” ujar Marwan.

Salah satu program yang belum selesai dan akan terus dilanjutkan adalah penataan kawasan wisata di kawasan Teluk Palabuhanratu.  

Dalam waktu yang relatif singkat hanya dalam jangka 3 tahun, Marwan berhasil mengangkat status Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi warisan dunia yang mendapat pengakuan dari UNESCO. Sementara negara lain membutuhkan waktu belasan tahun untuk dapat meraih pengakuan UNESCO atas geoparknya.  

Melanjutkan kebaikan, tutur Marwan, diarahkan untuk menjadikan Kabupaten Sukabumi sejajar dengan daerah-daerah yang telah maju di Indonesia.

Pada Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020, pasangan Marwan-Iyos diusung oleh Partai Golkar, PKS, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem. (*)  

Salah seorang pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Sukabumi Marwan Hamami-Iyos Somantri dengan seragam khusus bertuliskan MI bermahkota.

Print Friendly, PDF & Email