Dirindukan Selama Puluhan Tahun, Pembangunan Irigasi Cikaranggeusan Disambut Warga

oleh -
Salah satu ruas bentangan irigasi yang melewati tiga desa di Kecamatan Jampangkulon dan Kecamatan Cimanggu yang masih dalam tahap pengerjaan.

Wartawan Dicky Sopyan

Warga di tiga desa mendukung penuh proyek pembangunan irigasi yang melewati Desa Cikaranggeusan dan Cikarang di Kecamatan Jampangkulon serta Desa Karangmekar di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi. Sudah bertahun-lamanya warga merindukan kehadiran Irigasi Cikaranggeusan yang salurannya dapat mengairi pesawahan di tiga desa tersebut.

banner 970x90

“Kami bersyukur dengan adanya pembangunan irigasi ini. Kalau irigasi ini sudah selesai, sawah di desa kami tidak akan kekurangan air lagi,” kata Entis Tisman, warga Desa Karangmekar ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Sabtu (17/10/2020).

Tisman yakin kehadiran saluran irigasi tersebut dapat menambah hasil panen para petani di tiga desa. Jadi secara langsung maupun tidak langsung, kehadiran irigasi itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kami yakin seluruh warga di Kecamatan Jampangkulon dan Cimanggu menyambut proyek ini dengan syukur dan gembira,” ujar dia.

Begitu pula dalam proses pembangunannya, irigasi tersebut mendatangakan berkah bagi warga di tiga desa. Sebab hampir 80 persen tenaga kerja yang direkrut pada proyek pembangunan irigasi berasal dari desa-desa sekitar lokasi pembangunan.

“Sebagian besar pekerjanya adalah warga setempat. Jadi warga juga mendapatkan manfaat langsung ketika itigasi ini masih dalam proses pembangunan,” tutur Entis.

Mengenai kaulitas pekerjaan dan material bangunan, Entis menyebutkan semua sesuai dengan standar. Dia harapkan pembangunan irigasi cepat selesai agar warga di tiga desa dapat segera menikmati irigasi tersebut.

Pembangunan Irigasi Cikaranggeusan itu merupakan bagian dari proyek besar dengan dana yang dianggarkan sekitar Rp30 miliar. Proyek ini di bawah pengawasan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)  Citarum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sistem pengerjaan menggunakan sistem multiyears dengan dana dari APBN tahun anggaran 2020, 2021, dan 2022. Pelaksananya adalah PT. SAS. (*)

Print Friendly, PDF & Email