Desa Margaluyu Sukses Laksanakan Program Pamsimas di Dua Kedusunan

oleh -
Kepala Desa Margaluyu, H. Suherlan.

Wartawan Ari Jampang

Pemerintah Desa (Pemdes) Margaluyu, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi mulai mengerjakan proyek penyediaan sarana air bersih yang didanai program nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari pemerintah pusat.

banner 970x90

Melalui proyek ini, Pemdes Margaluyu mewujudkan harapan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air minum dan sarana sanitasi di dua kedusunan yaitu Dusun Ciherang dan Dusun Margajaya. Secara keseluruhan Pamsimas di Desa Margaluyu melayani 7 RT dengan kepala keluarga (KK) sekitar 320.

“Jadi kira-kira ada sekitar 1.000 orang yang dapat dilayani prasarana dan sarana yang dibangun oleh program Pamsimas. Kami sangat bahagia mendapat proyek ini dari pemerintah pusat,” kata Kepala Desa Margaluyu, H. Suherlan kepada wartawan, Sabtu (17/10/2020).

Rincian cakupan pelayanan prasarana dan sarana Pamsimas tersebut meliputi 2 RT dan 70 KK di Dusun Ciherang dan 5 RT dan 250 KK di Dusun Margajaya.

Dengan adanya proyek yang merupakan hasil kerja sama Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Desa itu, kebutuhan air bersih dan sanitasi di Desa Margaluyu dapat terpenuhi.

“Kami memberikan prioritas kepada kedusunan yang benar-benar membutuhkan sarana air bersih dan sanitasi sebagai sasaran dari proyek Pamsimas. Proyek ini benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat kami dan dirindukan kehadirannya sejak lama,” tutur Suherlan.

Kades optimis, hasil dari proyek tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa yang dipimpinnya. Terpenuhinya kebutuhan akan air bersih merupakan salah satu faktor penting bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.  

“Karena itu kami melaksanakan pekerjaan untuk proyek ini dengan segala kesungguhan dengan penuh tanggung jawab,” kata dia.

Di tempat lain, Ketua Gasak Kecamatan Sagaranten, H. Kaka menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Kades Margaluyu dalam menjalankan tugas dan memenuhi tanggung jawabnya. Dia menjadi saksi kelebihan Suherlan sebagai pemimpin di desanya yang selalu mengayomi masyarakat.

“Kepala Desa Margaluyu berkinerja bagus di segala bidang, termasuk dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi warganya untuk keperluan konsumsi dan sanitasi,” ujar Kaka. (*)

Print Friendly, PDF & Email