Kades Gunungbentang Rencanakan Rehab, Realisasinya Membangun Kantor Baru

oleh -
Kades Gunungbentang H. Jajat Sudrajat (kanan) dengan Ketua Karang Taruna Desa Sagaranten, Ijus Agus Suhandi.

Wartawan Suryana

Kepala Desa Gunungbentang, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, H. Jajat Sudrajat harus berjuang sekuat tenaga untuk menyelesaikan pembangunan kantor desa. Pasalnya dia merencanakan untuk rehab, tetapi  dalam praktik dan kenyataannya dia harus membuat bangunan baru.

banner 970x90

“Jadi ceritanya ketika rehab dimulai ternyata kami menemukan banyak bagian bangunan yang rusak parah dan harus diganti. Terpaksa dari rencana rehab menjadi membangun gedung dari nol,” kata Kades Jajat ketika ditemui di Kantor Kecamatan Sagaranten, Jumat (16/10/2020).

Padahal dana yang tersedia hanya cukup untuk rehab yakni bantuan keuangan dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp130 juta. Tapi mau bagaimana lagi, hampir seluruh bagian bangunan seperti atap, dinding, kusen, plafon, jendela, dan pintu sudah dalam kondisi lapuk dan karatan.

“Kalau bagian bangunan yang lama dipertahankan, hasil rehab menjadi tidak ada artinya. Sebab setelah selesai rehab, bangunan akan ambruk lagi,” ujar Jajat.

Sekarang bangunan kantor desa telah dirubuhkan. Untuk membangun dari nol tentu saja dana sebesar Rp130 juta tidak akan mencukupi. Jajat harus membangun ruang kepala desa, ruang sekretaris desa, ruang staf, ruang rapat, dapur,  dapur, dan wc.

“Kini tingkat penyelesaian pembangunan kantor desa kami baru sekitar 50 persen. Meskipun dana terbatas, pembangunan akan dilanjutkan. Kami akan menunggu anggaran tahun 2021,” tutur dia.

Sementara waktu Jajat dan perangkat desa berkantor di aula desa yang letaknya bersebelahan dengan kantor desa. Walaupun berkantor di tempat darurat, ujar Jajat, pelayanan dan roda pemerintahan di Desa Gunungbentang berjalan seperti biasa dan normal. (*)  

Print Friendly, PDF & Email