Desa Sinarbentang Galakkan Penanaman Pohon Pala dan Manggis

oleh -
Kantor Desa Sinarbentang, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi yang terus menggalakkan penanaman pohon.

Wartawan Suryana

Janji kampanye Kepala Desa Sinarbentang, Gagan Sugandi tiga tahun lalu satu persatu secara bertahap mulai diwujudkan. Salah satunya program penanaman pohon produktif di desa yang terletak di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi tersebut.

banner 970x90

Gerakan penanaman pohon  digencarkan tahun 2019. Dalam program ini, Pemdes Sinarbentang memberikan sekitar 15 batang untuk tuap jenis pohon kepada masing-masing kepala keluarga. Sementara ini jenis pohon yang dibudidayakan terdiri dari pala, manggis, dan cengkih.

“Program penanaman pohon ini telah mulai digencarkan di desa kami. Hampir semua penduduk di Desa Sinarbentang memiliki tanaman pala, manggis, dan cengkih di halaman rumah atau kebun,” kata Kepala Seksi Perencanaan Desa Sinarbentang, Evi Rusnia kepada wartawan di tempat kerjanya, Jumat (16/10/2020).

Dari bibit yang ditanam tahun 2019, kini tinggi pohon telah mencapai antara 80 hingga 100 cm. Penduduk sangat menjaga betul pohon-pohon tersebut sejak pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan. Untuk menghasilkan buah dengan sifat alami, mereka menggunakan pupuk kandang untuk menjaga pertumbuhan pohon.  

“Agar tidak tumpang tindih, pelaksanaannya diserahkan kepada Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan. Di desa kami terdapat tujuh kempok tani yang aktif,” ujar Evi yang merupakan almunus STM Pembangunan.

Kepala Seksi Perencanaan Desa Sinarbentang, Evi Rusnia.

Program penanaman pohon, lanjut dia, memiliki orientasi jangka panjang untuk bekal penduduk di masa depan. Hasil dari panen pohon-pohon tersebut dapat dijadikan penopang hidup penduduk. Fokus pembangunan di Desa Sinarbentang memang diarahkan untuk memberikan bekal bagi warganya di masa depan dalam jangka waktu yang lama.  

“Adapun pendanaannya dialokasikan dari ADD. Nantinya ketika sudah panen, Bumdes bisa menangani pemasaran hasilnya,” tutur dia.

Desa Sinarbentang memiliki prasarana dan sarana sosial yang relatif lengkap. Di desa ini terdapat 2 sekolah setingkat SD/MI, 1 SMP/MTs, 6 PAUD, 7 Madrasah Diniyah, 5 pesantren, 15 DKM, dan 6 posyandu. Jumlah penduduknya 2.478 jiwa dengan 993 kepala keluarga. (*)

Print Friendly, PDF & Email