Bumdes Sagaranten Kembangkan Usaha Jasa Penyediaan Wifi

oleh -
Ketua Bumdes Sagara Inten, Dede Rusmana (kiri, berbatik) bersama Adi Nurabidin, S.Kom. (Sekretaris).

Wartawan Suryana

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sagaranten, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi berhasil mengembangkan usaha penyediaan jasa wifi untuk melayani warga yang terjangkau oleh jaringan provider. Dalam jangka panjang, bidang usaha ini diharapkan bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) di Desa Sagaranten.

banner 970x90

Sampai sekarang pelanggan Bumdes yang diberi nama Sagara Inten tersebut sudah mencapai 30 titik yang berasal dari tiga kedusunan yakni Pasiripis, Cimahi, dan Cigadog. Para pengelola Bumdes Sagara Inten terus mengembangkan pasar dengan mencari pelanggan baru.  

“Kami juga akan mencari pelanggan dari kedusunan lain untuk mencapai target jumlah pelanggan hingga ratusan titik,” kata Ketua Bumdes Sagara Inten, Dede Rusmana, S.E. kepada wartawan, Kamis (15/10/2020).

Bumdes Sagara Inten berdiri tanggal 5 Januari 2020. Modal dasarnya Rp55 juta yang berasal dari ADD (Alokasi Dana Desa). Dede bersama rekan-rekannya bertekad untuk memutar modal dasar tersebut agar menjadi besar dan memberikan pemasukan bagi PADes.

Untuk menjadi pelanggan wifi Bumdes Sagara Inten, pemohon harus membayar biaya pemasangan dan alat penerima sinyal sebesar Rp200 ribu. Untuk biaya langganan perbulan, Bumdes Sagara Inten menerapkan tarif antara Rp80 ribu sampai dengan Rp100 ribu untuk internet berkecepatan tinggi.  

“Dalam mengelola dan menjalankan usaha, kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan. Dengan prinsip ini, kami terus memperluas cakupan wilayah usaha. Kami bekerja sama dengan PT Telkom,” jelas Dede.

Di Bumdes Sagara Inten, Dede didampingi Adi Nurabidin, S.Kom. selaku sekretaris dan Imat Saiful Rochmat sebagai bendahara.  Sistem pemasaran yang dilakukan melalui ketua RW dan ketua RT. Tiang dipasang di tiap dusun.  

“Kegiatan usaha ini bertujuan untuk memberdayakan generasi muda dalam mengembangkan usaha prospektif dan potensial,” ujarnya.

Pada bulan Agustus lalu, Bumdes  Sagara Inten meneken kerja sama dengan KKM (Keluarga Mahasiswa Mesin) Jawa Barat untuk pengembangan prasarana dan sarana teknik. Dengan kerja sama ini, Dede dan kawan-kawan dapat mengembangkan dan mencari potensi usaha. 

“Kami mengelola badan usaha ini dengan motto dari masyarakat untuk masyarakat. Salah satu tujuan kami adalah membangun Desa Sagaranten sebagai desa digital,” tutur Dede. (*)

Print Friendly, PDF & Email