Berkah bagi Desa Cikarang, 20 Warga Mendapat Bantuan Renovasi Rutilahu

oleh -
Kegiatan pembangunan rumah tidak layak huni di Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi dalam tahap pengerjaan oleh Tim Pengelola Kegiatan desa setempat.

Wartawan Ari Jampang

Tahun 2020 ini membawa berkah bagi warga Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. Betapa tidak, desa yang wilayahnya dilingkung perbukitan dan gunung itu mendapatkan bantuan untuk renovasi rutilahu (rumah tidak layak huni) bagi 20 warga kurang mampu. Sampai sekarang kegiatan renovasi rutilahu di Desa Cikarang masih dalam tahap pengerjaan.

banner 970x90

Dana untuk renovasi rutilahu itu berasal dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi. Besarnya dana yang diterima tiap keluarga penerima manfaat program mencapai Rp10 juta dengan alokasi penggunaan untuk material bangunan sebesar Rp9,2 juta dan untuk upah kerja Rp800 ribu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi khususnya Dinas Perkim yang telah mengucurkan bantuan dana untuk renovasi rumah tidak layak huni di desa kami,” kata Kepala Desa Cikarang, Atam kepada wartawan di lokasi pembangunan rutilahu di Dusun Cimapag, Kamis (15/10/2020).

Dengan bantuan tersebut, ujar dia, 20 warga di desanya yang selama ini tinggal di rutilahu dapat menikmati rumah yang layak huni. Mudah-mudahan, kata kades, ke depannya lebih banyak lagi rutilahu yang direnovasi dengan bantuan dana dari pemerintah, baik pusat, provinsi, maupun daerah.  

“Kami akan terus mengupayakan program renovasi setiap tahunnya agar semua rumah di desa kami menjadi layak huni,” tuturnya.

Penataan lahan untuk bangunan rumah milik warga kurang mampu yang dibiayai program oleh renovasi rumah tidak layak huni.

Bantuan untuk 20 rutilahu itu disebar ke 6 kedusunan yang ada di Desa Cikarang. Rinciannya: Dusun Cimapag 4 unit rutilahu, Dusun Cimahi 4 unit, Dusun Pasirhalang 3 unit, Dusun Ciguha 3 unit, Dusun Cipadali 3 unit, dan Dusun Cibeber 3 unit rutilahu.

Kegiatan renovasi dikelola dan ditangani oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Cikarang. Ketua TPK Desa Cikarang Neneng alias Tokeh Dayat bersama jajaran melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab untuk mewujudkan rumah layak huni bagi warga penerima program.

Kepala Desa Cikarang, Atam (paling kiri) di lokasi kegiatan renovasi rutilahu.  

Di wilayah Kecamatan Cidolog, semua desa menerima alokasi dana untuk renovasi rutilahu. Desa-desa lain yang menerima bantuan tersebut terdiri dari Desa Cidolog 20 unit, Mekarjaya 5 unit, Cipamingkis 5 unit, dan Desa Tegallega 5 unit rutilahu.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Cidolog, Baden Supendi, S.T. mengucapkan terima kasih kepada pemda yang telah menyalurkan dana untuk renovasi kepada semua desa di Kecamatan Cidolog.

“Semoga program ini dapat ditingkatkan ke depannya dan pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan kondusif,” kata Baden yang sehari-hari menjabat Kepala Desa Cipamingkis, Kecamatan Cidolog. (*)

Print Friendly, PDF & Email