Iuran Paving Blok di SDN Cikarang Sudah Dirapatkan, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

oleh -
Tumpukan paving blok di depan SDN Cikarang yang dibeli dengan dana iuran para orang tua siap untuk dipasang guna meningkatkan keindahan dan kebersihan lingkungan sekolah.

Wartawan Ari Jampang

Pengumpulan dana untuk pembelian dan pemasangan paving blok di SDN Cikarang Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi telah melalui prosedur yang semestinya. Sebelum diputuskan, mekanisme dan besaran iuran tersebut telah dibahas secara tuntas pada rapat yang dihadiri para orang tua dan para pemangku kepentingan. 

banner 970x90

Hal itu disampaikan Kepala SDN Cikarang, Jumhadi, S.Pd.I. ketika ditemui di rumahnya, Selasa (13/10/2020). Jumhadi memberikan penjelasan panjang lebar seputar iuran paving blok tersebut untuk menepis kesimpangsiuran informasi seputar program tersebut.

“Pengumpulan iuran untuk pembelian dan pemasangan pavong blok itu telah direncanakan sejak tahun 2018. Sudah dirapatkan dengan para orang tua. Bahkan rapatnya dihadiri Bhabinkamtibmas dan Babinsa Cikarang,” ujar dia.

Pembahasan pada rapat, kata Jumhadi, dilakukan secara terbuka, tidak ada yang disembunyikan. Para peserta rapat diberi kesempatan yang sama untuk menyampaikan usulan, pendapat, masukan, atau keberatan. Keputusan diambil berdasarkan pandangan dan saran dari para orang tua.  

Kepala SDN Cikarang Jumhadi, S.Pd.I. (kanan) dengan salah seorang karibnya dari kalangan pengamat pendidikan.

Setelah melalui pembiacaraan para orang tua, rapat memutuskan, iuran tersebut dialokasokan untuk pembangunan mushala yang dilanjutkan dengan pembelian dan pemasangan paving blok. Kesepakatan lainnya, iuran tersebut dihitung perorang tua murid, bukan persiswa.

“Memang sampai sekarang belum diterapkan sesuai rencana karena dana dari para orang tua baru terkumpul sebagian, belum semuanya. Nanti kalau telah terkumpul semuanya, dana tersebut akan digunakan untuk memasang paving blok sesuai peruntukan yang direncanakan,” jelas Jumhadi.

Sementara itu Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Cidolog, Jon Winara, S.Pd.I. menyampaikan tanggapan atas pembelian paving blok dengan dana iuran para orang tua di SDN Cikarang. Dia merespon positif program tersebut, apalagi pelaksanaannya telah melalui kesepakatan Komite Sekolah dan orang tua.

Program tersebut, ujar Jon, sah-sah saja demi kemajuan sekolah. Dalam membangun dan memajukan sekolah, alangkah baiknya sekolah tidak menunggu bantuan dari pemerintah.  

“Ketika ada inisiatif dari Komite Sekolah dan orang tua untuk membangun sekolah, itu bagus untuk dilaksanakan. Tidaklah haram hukumnya,” kata Jon. (*)

Print Friendly, PDF & Email