Relawan Quran Gemilang Tangerang Gelar Aksi Peduli Cengkuk

oleh -
Relawan dari Sanggar Quran Gemilang Tangerang mendata bahan makanan dan peralatan untuk disalurkan kepada para korban kebakaran di Cengkuk, Cikakak.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Pengasuh dan jamaah Sanggar Quran Gemilang Tangerang menggelar aksi peduli Cengkuk dengan menyalurkan berbagai bahan kebutuhan pokok dan pendampingan untuk para korban kebakaran di kampung adat tersebut. Satu tim cepat tanggap Sanggar Quran Gemilang berangkat ke Cengkuk, Senin (12/10/2020).

banner 970x90

“Aksi peduli yang kami lakukan ini untuk meringankan beban para korban kebakaran. Mudah-mudahan kondisi mereka cepat pulih,” kata Ustadz Zahrullah, Ketua Relawan Sanggar Quran Gemilang ketika ditemui di lokasi aksi peduli.

Selain memberikan bahan pokok, ujar dia, tim yang dipimpinnya akan melakukan pendampingan terhadap korban yang trauma berkepanjangan atau penyintas dari musibah tersebut. Mereka akan mengoperasikan posko selama satu minggu untuk mendampingi warga yang rumahnya habis terbakar.

“Kami merespon keadaan warga yang membutuhkan bantuan dan pendampingan. Kami juga mendirikan dapur umum untuk melayani para korban kebakaran,” jelas Zahrullah.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat melanda Kampung Babakan RT 03 RW 02, Dusun Cengkuk, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (08/10/2020) sore. Api mengamuk hebat sekitar pukul 17.30 WIB dan menghanguskan 23 bangunan milik warga. 

Aksi sosial yang dilancarkannya, ujar Zahrullah, dapat berjalan dengan lancar berkat kerja sama dengan organsasi dan komunitas di wilayah setempat, terutama untuk pendistribusian.

Adapun bahan makanan dan peralatan yang diserahkan Zahrullah dan rekan-rekannya berupa beras 300 kg, mie instan 20 dus, tepung terigu 1 karung, peralatan mandi 20 paket, minyak goreng 5 dus, dan sabun mandi cair 5 liter. 

“Selama melaksanakan aksi ini, kami selalu menerapkan aturan protokol kesehatan. Tim akan berada selama satu minggu ke depan. Mudah-mudahan kehadiran kami dapat membantu dan meringankan penderitaan warga Cengkuk,” ungkapnya.

Situasi terkini Kampung Babakan, Dusun Cengkuk, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi setelah dilanda musibah kebakaran Kamis pekan lalu.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Relawan Sanggar Quran Gemilang, saat ini para korban kebakaran sangat membutuhkan berbagai prasarana dan sarana dasar sebagai penopang kehidupan sosial mereka.

“Kebutuhan yang sangat mendesak antara lain peralatan bertani, hunian tetap 21 rumah, MCK umum, mushola, makanan sehat, pakaian sekolah, serta peralatan dapur,” tutur Zahrullah. (*)

Berita terkait: Api Melalap Puluhan Rumah di Cengkuk

Print Friendly, PDF & Email