Program Renovasi Rutilahu Desa Cibodas Selalu ‘On The Track’

oleh -
Salah satu rumah di Kampung Lembursawah Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi yang mendapat kucuran dana dari program renovasi rutilahu.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Program renovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) di Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi selalu tepat sasaran untuk warga tidak mampu. Oleh Pemdes Cibodas, program ini selalu diberikan kepada keluarga yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk merenovasi rumahnya agar menjadi layak huni.

banner 970x90

Kepala Desa Cibodas H. Ujang Suparman selalu mengingatkan jajarannya dan para pelaku pembangunan untuk melaksanakan semua program pembangunan, termasuk renovasi rutilahu sesuai juklak dan jukni dari pemerintah. Karena itu, program renovasi rutilahu di Desa Cibodas selalu berjalan pada jalurnya atau on the track.

“Program renovasi rutilahu harus dijalankan dan dimanfaatkan dengan maksimal. Walaupun belum bisa memenuhi harapan semua pemilik rutilahu, program ini sangat membantu warga kurang mampu yang membutuhkan bantuan untuk pembangunan rumah,” kata Ujang ketika ditemui di lokasi pembangunan rutilahu di Kampung Lembursawah Desa Cibodas, Kamis (8/10/2020).

Tahun ini, Desa Cibodas mendapat kucuran dana untuk renovasi 4 unit rutilahu dari Pemkab Sukabumi. Dana renovasi satu unit rumah sebesar Rp10 juta dengan rincian alokasi sebesar Rp9,2 juta untuk membeli material bangunan dan Rp800 ribu untuk ongkos kerja.

“Sambutan masyarakat, khususnya warga yang rumahnya tergolong rutilahu sangat luar biasa terhadap program ini. Kami akan terus mengajukan bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan alokasi anggaran renovasi rutilahu,” kata Ujang.  

Kades Cibodas mengimbau warganya agar memberikan dukungan nyata pada program renovasi rutilahu tersebut. Wujudnya bisa dalam bentuk partisipasi langsung dalam kegiatan pembangunan dengan menyumbangkan tenaga, pikiran, atau bantuan lainnya.  

“Kami harapkan program ini dapat meningkatkan kepedulian sosial di desa kami. Semoga penerima manfaat dapat mendapatkan manfaat langsung dari program tersebut,” tutur dia.

Atas nama masyarakat dan Pemdes Cibodas, Ujang  mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat melalui program renovasi rutilahu. Mudah-mudahan, kata dia, ke depan program ini terus berlanjut dan meingkat untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. (*)

Print Friendly, PDF & Email