Api Melalap Puluhan Rumah di Cengkuk

oleh -
Nyala api yang membakar puluhan rumah di Kampung Babakan, Dusun Cenguk, Desa Margalaksana terlihat dari kejauhan di balik pepohonan.

Wartawan M. Ridwan

Kebakaran besar melanda Kampung Babakan RT 03 RW 02, Dusun Cengkuk, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (8/10/2020) sore. Api mengamuk hebat sekitar pukul 17.30 WIB dan menghanguskan 23 bangunan rumah milik warga yang tinggal bersebelahan.   

banner 970x90

Informasi yang dihimpun di tempat kejadian menyebutkan, asal api bermula dari rumah salah satu warga bernama Ma Isah. Diduga kuat percikan api berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Api dari rumah Ma Isah bergerak liar dan melahap rumah-rumah dan bangunan lain di sekitarnya. Para pemilik rumah yang terbakar tidak dapat berbuat banyak selain segera menyelamatkan diri dari amukan si jago merah.

Dalam sekejap nyala api sudah menguasai beberapa rumah. Karena rumah terbuat dari kayu dan beratapkan injuk, api cepat sekali membesar tanpa bisa dicegah. Lingkungan di tempat kejadian termasuk rumah adat.

Sampai lepas Maghrib api masih menyala di beberapa titik. Perangkat Desa Margalaksana yang mendapat laporan dari warga segera berangkat ke lokasi untuk melihat kondisi terkini dan dampak dari kebakaran tersebut.

Berdasarkan pendataan singkat yang dilakukan petugas dari desa, jumlah bangunan yang dilalap api itu mencapai 21 rumah warga, 2 warung, dan 1 mushola. Kerugian ditaksir mencapai sebesar Rp600 juta. Sebanyak 70 jiwa dievakuasi ke rumah warga terdekat. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

“Para korban kebakaran telah dievakuasi ke rumah tetangga mereka. Api masih besar dan masih terus dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dibantu warga, aparat desa, Muspika, dan Tim BPBD,” jelas Kases Margalaksana, Fery Fahmi Algadry ketika dihubungi menjelang Maghrib.

Damkar Palabuhanratu menerjunkan 15 orang petugas dengan 1 unit kendaraan pemadam kebakaran dari Pos 4 Palabuhanratu untuk menguasai api.

“Setelah mendapat informasi kebakaran tadi sore, kami langsung menerjunkan tim ke TKP,” ujar Kasi Dal Op Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi, Yayan Hadiansyah kepada wartawan.

Sampai berita ini ditulis menjelang pukul 19.00 WIB, para petugas masih terus berupaya untuk memadamkan api. (*)  

Print Friendly, PDF & Email