Legislator Ribka Tjiptaning Sosialisasikan AKB dan Germas di Gunungguruh

oleh -
Anggota Komisi IX DPR RI, dr. Ribka Tjiptaning menyampaikan sosialisasi seputar AKB dan Germas di tengah wabah Covid-19.

Wartawan Aep Saepudin

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning menggelar sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Gunungguruh, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Rabu (7/10/2020).

banner 970x90

Pada sosialisasi itu, Ribka menggandeng Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari sosialisasi Penggulangan dan Penanganan Penyakit (P2P) yakni program dari Kementerian Kesehatan.

“Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat harus selalu menerapkan prinsip-prinsip hidup sehat dan menyesuaikan diri dengan Adaptasi Kebiasaan Baru,” kata Ribka dalam ceramahnya di hadapan warga yang hadir pada kegiatan sosialisasi.

Pada kegiatan itu seluruh peserta mengikuti rapid test untuk diketahui tingkat ketertularannya oleh Covid-19. Semua peserta dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan rapid test. Walaupun demikian, mereka tetap menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam sambutannya, Ribka yang berlatar belakang dokter mengimbau masyarakat untuk tetap tenang menghadapi wabah Covid-19. Jangan dilanda ketakutan yang berlebihan sebab kata dia, rasa takut yang berlebihan dapat menurunkan imunitas tubuh. Dengan menurunnya daya tahan tubuh, penyakit dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

“Yang penting kita menerapkan protokol kesehatan seperti dianjurkan oleh pemerintah. Biasakan memakai masker, selalu mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan orang lain,” kata Ribka.

Jurus lain untuk menyingkirkan Covid-19 adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan dan sering menyemprotkan cairan disinfektan di tenpat-tempat yang sering didatangi warga.

Di tempat sosialisasi tampak hadir perwakilan dari Kementerian Kesehatan yakni dr. Imran Pambudi,  perwakilan dari Dinkes Kabupaten Sukabumi, Kepala Baguna (Badan Penanggulangan Bencana) Kabupaten Sukabumi, H. Sirojudin, S.E., dan jajaran Muspika Gunungguruh.

Pada kegiatan itu para peserta mendapatkan doorprize yakni mereka yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber. (*)

Print Friendly, PDF & Email