Didukung SPSI, Buruh Koin Baju Menuntut Kejelasan Status

oleh -
Ratusan buruh PT Koin Baju Global menggelar unjuk rasa untuk menuntut kejelasan status mereka sebagai pekerja di perusahaan tersebut.

Wartawan Suryana

Para buruh PT Koin Baju Global menggelar unjuk rasa untuk menuntut kejelasan status mereka sebagai pekerja di perusahaan garmen tersebut, Rabu (7/10/2020). Mereka menyampaikan tuntutannya di halaman pabrik PT Koin Baju Global Jalan Raya Cimalati Cicurug, Kabupaten Sukabumi. 

banner 970x90

Selain itu, para buruh juga menyampaikan penolakan terhadap Omnibus Law UU Cipta Kerja. Dalam aksinya, para buruh mendapat dukungan dari SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) dan buruh dari beberapa perusahaan.

Massa pengunjuk rasa merupakan gabungan dari tiga perusahaan yaitu PT Koin Baju Global, PT C-1000 yang terletak di area PT Indolakto, dan PT Ekuindo yang beralamat di Jalan Cimalati Cicurug.

Mereka bergerak dari lokasi PT Indolakto di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi dengan berjalan kaki. Selepas pukul 09.00 WIB massa tiba di halaman PT Koin Baju Global.

Namun para buruh tidak bisa memasuki areal pabrik karena terhalang oleh aparat gabungan dari Polres Sukabumi, Polsek Cicurug, Kodim 0607, Koramil Cicurug, Satpol PP Kabupaten Sukabumi, dan Dinas Perhubungan.

Di tempat unjuk rasa, massa buruh menyampaikan orasi yang intinya menuntut kejelasan status mereka di perusahaan tersebut. Mereka mempertanyakan pengrumahan sekitar 1.000 buruh PT Koin Baju Global yang gajinya tidak dibayar penuh oleh pihak perusahaan.

Saat ini dari sekitar 1.700 buruh PT Koin Baju Global, jumlah buruh yang masih dipertahankan sekitar 700 orang. Buruh yang dirumahkan tidak diberi santunan dan gajinya dibayar sebagian.

Sampai lewat tengah hari pengunjuk rasa tidak dapat berdialog dengan manajemen PT Koin Baju Global. Para peserta unjuk rasa menyatakan akan terus berunjuk rasa sampai tuntutan mereka dikabulkan. (*)

Print Friendly, PDF & Email