Bersiap untuk Tampilkan Duta Budaya ke Pentas Nasional

oleh -
Kepala SDN 1 Cicurug, Ridwan, S.Pd. di ruang kerjanya, tetap semangat menjalankan tugas di tengah wabah Covid-19.

Wartawan Suryana

Salah satu kelebihan dan prestasi SDN 1 Cicurug terletak pada kemampuan para siswanya dalam unjuk pentas budaya seperti tari. Sekolah ini sedang bersiap-siap untuk mengirimkan duta budayanya ke pentas lomba tari tradisional tingkat nasional.

banner 970x90

“Kami bangga mempunyai siswa yang berprestasi di bidang budaya, khususnya tari. Para penari dari sekolah kami sudah diajukan untuk ikut lomba tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Barat,” kata Kepala SDN 1 Cicurug, Ridwan, S.Pd. ketika ditemui di kantornya di Jalan Siliwangi Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (6/10/2020).

Duta tari yang akan tampil di tingkat nasional itu sebanyak tiga siswa dari kelas 3 dan kelas 5. Mereka berhasil menjadi penari terbaik dalam lomba tingkat Jabar mewakili Kabupaten Sukabumi. Sekarang mereka akan mewakili Jabar ke lomba tingkat nasional.

“Selain itu salah satu siswa kami menjadi juara tingkat provinsi untuk lomba  gambar ceritera bernama Nadia Tri Aruni kelas 5. Dia juga akan mewakili Jabar ke lomba tingkat nasional,” ujar Ridwan.

Sejak dipimpin Ridwan dua tahun yang lalu, SDN 1 Cicurug banyak mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Sebelumnya dia menjabat Kepala SDN Benda Kecamatan Cicurug.

“Sekolah kami termasuk sekolah besar dilihat dari jumlah siswa dan gurunya,” kata dia.

Jumlah siswanya mencapai 530 orang dengan jumlah guru 18 baik PNS maupun honorer. Sebelum muncul Virus Corona, sekolah ini sangat ramai dan sibuk dengan kegiatan belajar mengajar.

Jejeran piala yang menjejali lemari merupakan bukti tingginya prestasi siswa dan para guru SDN 1 Cicurug.   

SDN 1 Cicurug mendapatkan lokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp800 ribu persiswa pertahun. Dari dana tersebut, sebanyak 50 persen digunakan untuk membayar gaji guru honorer dan setengahnya lagi untuk membayar biaya operasional seperti listrik, air bersih, sarana prasarana, ujian tengah semester, dan ujian semester. 

Saat ini SDN 1 Cicurug melaksanakan dua sistem pembelajaran yakni dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) internet. Daring dilaksanakan untuk  PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) melalui Whatsapp, sedangkan luring belajar melalui TVRI selama 45 menit atau setara dengan satu jam pelajaran. (*)

Print Friendly, PDF & Email