Segenggam Asa Pelajar Smansa Bagi Korban Bencana

oleh -
Ketua OSIS Smansa, Reza Adlya Salman dan Danramil Cicurug, Kapten Armed Mahtom Tohari.

Wartawan Nanang Setiana

Mata Reza Adlya Salman mulai berkaca-kaca saat kakinya menginjak tanah Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Minggu (4/10/2020) siang. Di tempat itu sejauh matanya memandang, dia melihat sejumlah rumah dan pesawahan yang rusak parah akibat terjangan banjir bandang.

banner 970x90

Reza membayangkan betapa dahsyatnya petaka banjir bandang itu meluluh-lantakan perkampungan pada Senin (21/9/2020) lalu.  “Saya tak kuasa membayangkan kesulitan warga saat banjir itu terjadi,” kata dia ketika ditemui di Kampung Cibuntu. 

Sebagai ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 (Samnsa) Kota Sukabumi, Reza datang ke Kampung Cibuntu untuk memberikan bantuan bagi para korban bencana. Sejumlah bantuan yang dikirim ke posko utama tanggap bencana banjir bandang tersebut murni hasil inisiatif para pelajar SMAN 1 Kota Sukabumi.

“Kami berinisiatif untuk ikut terlibat meringankan beban para korban dengan mengadakan penggalangan dana. Bantuan kecil ini layaknya segenggam asa yang kami bawa. Semoga bermanfaat bagi para korban,” jelasnya.

Penggalangan dana sendiri melibatkan 24 elemen kegiatan ekstrakurikuler sekolah, termasuk kader kesehatan remaja dan ultras Smansa yang an dilakukan selama seminggu lamanya. Dari penggalangan dana itu terkumpul uang sekitar Rp2,5 juta.

Para pelajar Smansa juga menaruh perhatian pada para balita yang terdampak. Maka dari uang yang terkumpul, mereka lebih memilih membeli berbagai keperluan balita seperti selimut, karpet, pakaian, pampers, minyak kayu putih, minyak telon, bedak bayi, dan kasur lipat.

Bantuan para pelajar ini diterima langsung Komandan Rayon Militer (Danramil) Cicurug selaku komandan satuan tugas kecamatan, Kapten Armed Mahtom Tohari. Danramil menyambut baik aksi kepedulian yang dilakukan para pelajar ini. Ia berharap apa yang dilakukan para siswa SMA Negeri 1 Kota Sukabumi menjadi contoh generasi muda lainnya untuk ikut peduli terhadap sesama. (*)

Print Friendly, PDF & Email