Pemdes Ciheulangtonggoh Alokasikan Dana Desa untuk Membangun TPT

oleh -
Pembangunan TPT pinggir jalan di Desa Ciheulangtonggoh bertujuan untuk memperkuat konstruksi jalan.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Pemerintah Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi menganggarkan Dana Desa (DD) Tahun 2020 untuk pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) guna memperkuat struktur jalan desa.

banner 970x90

Salah satu titik kegiatan pembangunan TPT tersebut terletak di Kampung Ciheulang Hilir RT 05 RW 03, Desa Ciheulangtonggoh. Untuk merealisasikan kegiatan pembangunan infrastruktur itu, Pemdes Ciheulangtonggoh menganggarkan dana sebesar Rp20.290.000 dari DD tahun 2020. 

Kepala Desa Ciheulangtonggoh, Endang Junaedi menjelaskan, kehadiran TPT yang menunjang fungsi jalan itu dalam jangka panjang dapat meningkatkan akses perekonomian warga atas fungsinya sebagai infrastruktur yang memperkokoh jalan desa.   

“Jadi pembangunan TPT ini erat kaitannya dengan upaya untuk  mensejahterakan masyarakat. Kami selalu memfokuskan penggunaan Dana Desa untuk kegiatan yang berpihak pada kepentingan rakyat,” tutur Endang kepada wartawan, Sabtu (3/10/2020).

Dimensi dari TPT yang dibangun itu berukuran panjang 55 meter, tinggi 120 centimeter, dan lebar 40 centimeter. Bahannya merupakan material pilihan untuk menghasilkan TPT yang kokoh secara struktural maupun fingsional. 

Pembangunan TPT, ujar Endang, merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dibiayai DD untuk mewujudkan pencapaian terbaik bagi kemajuan warga yang dipimpinnya. Endang selalu termotivasi untuk memajukan dan memeratakan kegiatan pembangunan ke setiap kampung agar hasil dari pengelolaan DD dapat dinikmati secara merata.

“Persaingan antar desa untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur  harus dijadikan motivasi untuk meningkatkan semangat membangun. Saya selalu berpikir positif, semua dusun dan kamnpung harus maju,” ujar dia.

Semua kegiatan pembangunan di Desa Ciheulangtonggoh, kata Endang, telah dimusyawarahkan dan disepakati bersama oleh pemerintahan desa, TPK (tim Pengelola kegiatan), BPD, LPMD, RT, RW, dan tokoh masyarakat.

Perencanaannya tercantum pada RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Desa dan anggarannya dituangkan di dalam APBDes tahun berjalan.

Sementara itu, salah satu warga Desa Ciheulangtonggoh, Ade mengapresiasi pembangunan TPT tersebut. Menurut Ade, infrastruktur ini penting untuk mencegah penggerusan tanah di pinggir jalan.

“Dengan dibangunnya TPT ini, jalan yang menghubungkan pemukiman warga bisa tetap dalam kondisi bagus, tanpa khawatir terancam erosi atau longsor,” kata Ade. (*)

Print Friendly, PDF & Email