Tim Gabungan Jatuhkan Sanksi Tertulis kepada Puluhan Pelanggar Prokes

oleh -
Petugas gabungan dari Polri, TNI, dan pemda menggelar Operasi Yustisi di wilayah hukum Polsek Cisaat.

Wartawan Nanang Setiana

Tim gabungan menjatuhkan sanksi tertulis kepada para pelanggar aturan protokol kesehatan (prokes) pada Operasi Yustisi di Jalan Raya Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jumat (2/10/2020). Pada operasi itu sedikitnya 20 pengguna jalan yang kedapatan tidak mengenakan masker diberi sanksi tertulis.

banner 970x90

Operasi melibatkan aparat dari unsur Polri, TNI, dan Pemkab Sukabumi. Aparat yang diterjunkan pada operasi tersebut berasal dari Polsek Cisaat Resor Sukabumi Kota, Koramil Cisaat Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kantor Kecamatan Cisaat, serta Dishub dan Sat Pol PP Kabupaten Sukabumi.

Para petugas tidak ragu untuk memberi peringatan kepada warga yang nyata-nyata melanggar aturan prokes. Aparat mengarahkan warga yang terjaring operasi ke posko di halaman Mapolsek Cisaat untuk diberi sanksi atas pelanggaran yang mereka lakukan. 

Warga yang terang-terangan tidak mengenakan masker itu diberi sanksi teguran bersifat non-yustisial. Mereka didata identitasnya lalu diminta membuat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya melanggar aturan prokes.

Ditemui di tempat operasi, Kapolsek Cisaat, Kompol Rusmadi menjelaskan, operasi tersebut  merupakan Operasi Yustisi untuk peningkatan pendisiplinan dan penegakan hukum prokes. 

Operasi yang dipimpinnya, ujar dia, merupakan salah satu ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Cisaat. Upaya meminimalisir penyebaran Covid -19 merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat.

“Karena itu masyarakat harus berdisiplin dalam menegakkan aturan protokol kesehatan,” ujar Kompol Rusmadi.

Semoga, kata dia, ke depannya masyarakat bisa lebih mengerti dan memahami pentingnya penegakan aturan protokol kesehatan, minimal dengan menerapkan 4M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. 

Wilayah Kecamatan Cisaat terletak di Kabupaten Sukabumi, namun wilayah hukumnya masuk yurisdiksi Polres Sukabumi Kota dan pembinaan teritorialnya berada di bawah Kodim 0607 Kota Sukabumi. (*)  

Print Friendly, PDF & Email