Pjs. Bupati dan Muspida Ikuti Rakor Anev Pilkada 2020

oleh -
Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad (tengah) bersama Muspida Kabupaten Sukabumi menyimak arahan dari Menko Polhukam Mahfud MD pada Rakor Analisis dan Evaluasi Pelaksanaan Pilkada 2020 secara virtual yang disiarkan dari Jakarta.

Wartawan Nanang Setiana

Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad dan Muspida Kabupaten Sukabumi mengikuti Rakor Analisis dan Evaluasi (Anev) Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang dipimpin Menko Polhukam RI, Mahfud MD, Jumat (2/10/2020).

banner 970x90

Pada rakor itu, Gani dan unsur Muspida mendengarkan arahan dari Menkopolhukam secara virtual yang disiarkan dari Jakarta. Mahfud MD berada di kantornya, sementara Muspida Kabupaten Sukabumi mengikuti rakor di Pendopo Sukabumi.

Dalam arahannya Mahfud MD mengatakan, tahapan Pilkada sudah berjalan lancar dan sesuai jadwal. Dia mengapresiasi diterapkannya protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“KPU sudah melarang kerumunan massa lebih dari 50 orang, termasuk larangan konser musik dan lainnya. Saya apresiasi itu. Akan ada sanksi bagi pelanggar yang tak mengindahkan protokol kesehatan,” kata Menko.

Jajaran Polri, ujar dia, harus tegas dalam penegakan hukum terhadap pelanggar aturan protokol kesehatan, terutama ketika terjadi pelanggaran pada pelaksanaan masa kampanye.

“Ini penting untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Kita mengharapkan pelaksanaan Pilkada bisa berjalan lancar dan aman terutama saat masyarakat menyalurkan suaranya,” kata dia.  

Menteri juga menekankan pentingnya antisipasi terhadap kerawanan Pilkada. Untuk mengantisipasi kerawanan tersebut, ujar Mahfud, semua kalangan harus bekerja sama agar Pilkada serentak di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Dia juga mengimbau semua paslon bisa memanfaatkan teknologi informasi dalam memaparkan visi-misinya untuk mengurangi kerumunan massa. Komitmen dari partai politik dalam menerapkan protokol kesehatan harus benar-benar dilaksanakan dan diwujudkan.

Menko Polhukam mendorong semua paslon untuk membuat pakta integritas dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Usai mengikuti rakor, Raden Gani mengatakan, tahapan Pilkada di Kabupaten Sukabumi berjalan baik dan lancar. Muspida akan terus berupaya untuk mewujudkan konsistensi, komitmen, dan dukungan semua pihak dalam mensukseskan semua tahapan Pilkada.

“Salah satu bentuk dukungan itu adalah menerapkan protokol kesehatan,” ujar Pjs. Bupati Sukabumi. 

Gani mengimbau seluruh jajaran pemda untuk terus mengedukasi masyarakat dalam penegakan aturan protokol kesehatan khususnya dalam penggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan meningkatkan imunitas tubuh. (*)

Print Friendly, PDF & Email