Jelang Pilkada, DMI Imbau Para Khatib Membawa Pesan yang Sejuk

oleh -
Ketua DMI Kabupaten Sukabumi, Drs. KH. Abdul Ajiz ketika melantik para pengurus DKM Al-Jalil Kecamatan Surade.

Wartawan Aep Saepudin  

Menjelang pemungutan suara pada Pilkada 2020, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sukabumi mengimbau para khatib untuk menyampaikan pesan yang sejuk kepada jamaah dan umat Islam. Saat ini, tahapan Pilkada telah memasuki masa kampanye sehingga suhu politik mulai menghangat.

banner 970x90

“Karena itu para khatib harus membawa pesan-pesan yang menyejukkan bagi jamaah masjid,” kata Ketua DMI Kabupaten Sukabumi, Drs. KH. Abdul Ajiz saat ditemui di Kantor Yayasan Nurul Huda Jalan Raya Cibolang Gardu, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jumat (2/10/20).

Sebagai lembaga Islam yang membidangi urusan masjid, ujar dia, DMI harus membantu pemerintah untuk menciptakan suasana sejuk dan damai, termasuk di tengah tahapan Pilkada. Dalam hal ini, peran khatib sangat penting dan strategis karena mereka berhadapan langsung dengan jamaah masjid.  

Ketika menyampaikan khutbah, lanjut dia, para khatib harus terus mendorong terjalinnya silaturahmi di antara umat Islam dan tidak menjadikan perbedaan pilihan sebagai bibit perpecahan.

“Kami dari DMI Kabupaten Sukabumi senantiasa akan terus membantu pemerintah dalam upaya mewujudkan situasi yang sejuk dan damai selama Pilkada tahun 2020,” kata tokoh agama yang sehari-hari aktif sebagai Ketua Ponpes Yayasan Nurul Huda  itu.

Terkait dengan itu, Ajiz mengimbau sekaligus menginstruksikan para khatib dan pengurus DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) se-Kabupaten Sukabumi untuk menjaga kondusivitas wilayah guna mensukseskan seluruh tahapan Pilkada 2020.

Bersamaan dengan itu, DMI Kabupaten Sukabumi juga mengimbau DKM untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat di masjidnya masing-masing sesuai dengan instruksi dari pemerintah. Protokol kesehatan, kata dia, dapat menjamin keamanan dan kenyamanan jamaah dari penularana Covid-19 ketika berada di dalam masjid.  

Sampai sekarang masa kampanye sudah berjalan selama 6 hari.  Tiga pasangan yang akan memperebutkan suara rakyat terdiri dari nomor urut 1 Drs. H. Adjo Sardjono, M.M.-Iman Adinugraha, S.E., Akt., CA (Adjo-Iman), nomor urut 2 Drs. H. Marwan Hamami, M.M.-Drs. H. Iyos Somantri, M.Si. (Marwan-Iyos), dan nomor urut 3 DR. KH. Abu Bakar Sidik, M.Ag. dan H. Sirojudin, S.E. (Bakang-Sirod). (*)

Print Friendly, PDF & Email