Dirindukan Masyarakat, Perbaikan Irigasi Leuwisodong Mulai Dikerjakan

oleh -
Pekerjaan perbaikan Irigasi Leuwisodong di Desa Balekambang, Kecamatan Kalibunder mulai dikerjakan secara swakelola oleh P3A Kembang Cai.

Wartawan Ari Jampang

Sudah lama dirindukan dan dinanti-nantikan warga, khususnya petani, perbaikan Irigasi Leuwisodong di Desa Balekambang, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi mulai dikerjakan. Kegiatan perbaikan irigasi itu dilaksanakan secara swakelola oleh Persatuan Petani Pemakai Air (P3A) Kembang Cai.

banner 970x90

Proyek perbaikan irigasi tersebut mendapat dukungan dana dari program Peningkatan Percepatan Pembangunan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jawa Barat.

Karena dikerjakan secara swakelola, pelaksana pembangunan tentu akan berkerja dengan sepenuh hati disertai pengabdian untuk masyarakat. Proyek ini oleh petani untuk petani.  

“Ya, kami sangat bersyukur atas dimulainya perbaikan saluran Irigasi Leuwisodong. Seluruh warga Desa Balekambang juga bersyukur karena telah lama merindukan dan mendambakan proyek perbaikan irigasi ini,” kata tokoh Desa Balekambang, Falah kepada wartawan, Jumat (2/10/2020).

Hasil dari proyek tersebut, ujar Falah, sangat berdampak positif  terhadap perekonomian masyarakat, khususnya untuk meningkatkan hasil panen padi, palawija, atau hortikultura.

“Program P3TGAI ditujukan khusus untuk saluran irigasi yang masih belum permanen. Nantinya Irigasi Leuwisodong akan menjadi bangunan yang permanen dan kokoh. Kehadiran irigasi yang permanen sangat membantu masyarakat yang usahanya bergerak di bidang pertanian khususnya tanaman pangan,” tutur Falah.

Sementara itu Ketua P3A Kembang Cai, Oleh Setiawan menjelaskan, dalam mengerjalan perbaikan irigasi tersebut, pelaksana selalu memperhatikan bimbingan, arahan, dan petunjuk dari Pendamping dan Kepala Desa Balekambang agar hasil pekerjaan sesuai dengan pedoman umum, juklak, dan juknisnya. 

“Mudah-mudahan P3A Kembang Cai dapat melaksanakan dan menyelesaikan kegiatan program P3-TGAI sesuai dengan spesifikasi dan Rencana Anggaran Biaya,” tutur Oleh. (*)

Print Friendly, PDF & Email