Muspida Kabupaten Sukabumi Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

oleh -
https://pelitasukabumi.com/2020/10/01/10925/kab-sukabumi/pjs-bupati-sukabumi-pimpin-upacara-peringatan-hari-kesaktian-pancasila/

Wartawan M. Ridwan

Hari keempat masa tugasnya, Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapang Setda Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Kamis (1/10/2020).

Pada upacara itu Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol. Arm. Suyikno bertugas sebagai pembaca Pancasila, Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif bertindak selaku pembaca naskah Pembukaan UUD 1945, dan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara membacakan ikrar setia pada Pancasila.

Bertindak selaku komandan upacara adalah Kapten Arm. Sugeng Setiyawan. Upacara diikuti unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi dan para kepala perangkat daerah dengan tetap penerapan protokol kesehatan. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 mengusung tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”.

Dalam amanatnya Raden Gani mengatakan Hari Kesaktian Pancasila diperingati setelah terjadinya Gerakan 30 September 1965 atau dikenal G 30 S/PKI. Kejadian itu, kata Gani, merupakan masa kelam bagi bangsa Indonesia. G 30 S/PKI merupakan upaya makar yang ingin mengganti Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dengan faham komunisme.

Akan tetapi, ujar dia, Tuhan Yang Maha Esa melindungi bangsa Indonesia sehingga bangsa dan negara ini tetap kokoh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila.

“Kita harus tetap waspada terhadap gerakan-gerakan yang akan merongrong stabilitas keutuhan negara dan bangsa ini. Salah satu caranya melalui penguatan terhadap pemahaman dan pengamalan ideologi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Gani menambahkan, Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 diperingati di tengah situasi dan kondisi  wabah Covid-19 yang melumpuhkan semua sendi kehidupan. Dia mengingatkan, wabah Covid-19 termasuk keadaan luar biasa sehingga penanganannya pun harus dilakukan secara extra ordinary pula.

“Kita dituntut harus kerja cepat, kerja tanggap, kerja keras dan tuntas  dalam pengendalian dan penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Sukabumi. Hal ini penting untuk menekan penyebaran virus tersebut. Saya meminta semua unsur untuk bersama-sama bekerja dalam mencegah peneybaran Covid-19 dengan serius dan penuh tanggung jawab,” kata Gani.

Di akhir amanatnya, R. Gani Muhammad menyebutkan bahwa tahun ini merupakan tahun politik dengan  diselenggarakannya Pilkada serentak. Dia meminta semua pihak harus memastikan bahwa penyelenggaraan Pilkada dapat berjalan dengan kondusif, tertib, lancar, dan sukses.

“Dalam Pilkada ini perhatikan protokol kesehatan agar tidak terjadi kluster baru penyebaran Covid-19,” kata Gani. (*)  

Print Friendly, PDF & Email