, ,

Kasat Reskrim Polres Sukabumi Sebut Ciri-ciri Media Profesional

oleh -
Ketua Umum PSN, Iwan Sugiyanto (paling kanan) dan kawan-kawan setelah melakukan audensi dan wawancara dengan Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Rizka Fadilah, S.H., S.I.K. (kedua dari kanan, baju putih).

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Sukabumi AKP Rizka Fadilah, S.H., S.I.K. menyebutkan ciri-ciri media massa yang profesional. Ciri-ciri ini berlaku untuk semua media massa, baik cetak, elektronik, maupun online. Dia juga mengapresiasi insan pers yang dapat mememuhi tuntutan profesionalisme jurnalistik yang memenuhi ciri-ciri tersebut.

Pernyataan Kasat Reskrim itu disampaikan di depan Ketua Umum Pers Sukabumi Ngahiji (PSN), Iwan Sugiyanto dan jajaran yang berkunjung ke Polres Sukabumi, Senin (28/9/2020).  

“Ciri-ciri media yang profesional antara lain selalu menyajikan berita yang objektif, berimbang,  dan bebas dari segala kepentingan. Isi berita harus sepenuhnya objektif dan tidak boleh memihak pada siapapun, ” kata AKP Rizka.

Dalam menjalankan peran, fungsi, dan tugasnya, ujar Kasat Reskrim, awak media massa harus berpegang teguh pada UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan kode etik jurnalistik.

Jika media dapat memenuhi tuntutan tersebut, kehadirannya di tengah masyarakat akan mendapat penghargaan dan apresiasi yang profesional dan proporsional. Media juga, ujar AKP Rizka, harus mampu menjembatani kepentingan antara pemerintahan seperti  Polri dan masyarakat.

“Melalui media massa, jajaran kepolisian dan masyarakat bisa meningkatkan sinergitas dan menjalin kesepahaman dalam menjaga keamanan sesuai tangung jawab masing-masing,” ujar dia.

Polri selalu membuka ruang bagi masyarakat untuk memberikan masukan positif demi kebaikan bersama, lanjutnya. Salah satu tugas Polri adalah memberikan pemahaman dan pembinaan kepada masyarakat agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Yang penting, masyarakat tidak melakukan perbuatan melawan hukum dalam bentuk apapun. 

“Polisi dan masyarakat harus saling memberikan dorongan  agar tercipta suasana aman, damai, dan penuh persahabatan. Dalam menjalankan tugas, kami selalu berpegang teguh pada SOP yang berlaku. Media massa dapat menjadi penghubung untuk mewujudkan suasana ideal itu,” kata perwira pertama polisi tersebut. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email