Menghindari Tabrakan, Truk Bermuatan Batu Terguling di Warungkiara

oleh -
Truk bermuatan batu terguling setelah menghindari tabrakan dengan mobil yang melaju kencang dari arah berlawanan di kawasan Warungkiara.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Mobil niaga jenis dumptruck bermuatan batu terguling di Jalan Pelabuhan 1, tepatnya di Kampung Kampung Cikiray Baeud, Desa Warungkiara, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Senin (28/9/2020) siang. Pada kecelakaan tunggal itu tidak ada korban, sopir truk dalam keadaan segar bugar setelah truknya terguling.

Truk malang itu dalam perjalanan pengiriman batu dari Palabuhanratu ke Cicurug. Mobil bernomor polisi F 8944 HI itu sedang berjalan pelan ketika berada di lokasi kecelakaan. Musibah terjadi karena sopir truk Adi Sanjaya menghindari tabrakan dengan mobil lain yang melaju kencang dari arah Sukabumi.

“Sebelum tiba di tempat kecelakaan, dari arah berlawanan ada mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi. Saya menghindari tabrakan dengan mobil itu dan membanting setir ke kiri,” kata Adi ketika ditemui di lokasi kejadian.

Karena muatan truk teramat berat, gerakan mobil tidak terkendali dan terguling ke arah kiri. Untunglah Adi selamat, tubuhnya mulus karena ketika terguling, mobil dalam kecepatan rendah. Jadi sopir masih bisa melakukan langkah antisipasi agar tubuhnya tidak tergencet truk.

Setelah mobil terguling, warga berdatangan ke tempat kecelakaan lalu lintas itu. Adi sendiri berhasil meloloskan diri dari dalam truk yang dikemudikannya lewat pintu kanan yang posisinya menjadi di atas.  

Keadaan truk tidak mengalami kerusakan yang berarti, kaca depannya masih utuh. Di tempat kejadian tidak ada kaca atau cairan berceceran. Hanya batu yang berjatuhan ke badan jalan di sebelah kiri.

Warga bahu-membahu untuk memindahkan batu dari badan jalan ke pinggir jalan.  

Warga berinisitiaf memindahkan batu dari badan jalan ke pinggir jalan untuk memudahkan evakuasi kendaraan. Adi sendiri ikut serta membereskan batu-batu tersebut.

Saat truk terguling di lokasi tidak ada orang berdiri di pinggir jalan atau di halaman rumah tempat batu berjatuhan. Sehingga kecelakaan tunggal itu tidak berdampak kepada orang lain.    

Tidak berapa lama, aparat dari Polsek Warungkiara tiba di tempat kejadian. Petugas langsung mengamankan lokasi untuk mencegah kemacetan. (*)

Print Friendly, PDF & Email