HIPMI Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Cicurug

oleh -
Perwakilan HIPMI Jabar, Ikrar Diputra (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan kepada pejabat BPBD Kabupaten Sukabumi di posko bantuan Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug.

Wartawan Nanang Setiana

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Peduli Jabar menyalurkan bantuan berupa alat dan perkakas untuk mendukung proses evakuasi dan pembersihan area terdampak banjir di Cicurug dan sekitarnya. Bantuan diserahkan oleh perwakilan HIPMI Peduli Jabar melalui posko di Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (26/9/2020) malam.

banner 970x90

Kehadiran bantuan dari para pengusaha muda itu sangat membantu tim penanggulangan bencana dan warga yang akan melakukan pemulihan di lokasi yang tergenang air banjir. Dengan alat tersebut, proses pemindahan barang-barang yang terbawa arus banjir dan sampah bisa lebih cepat dan mudah.

Selain itu, HIPMI Peduli Jabar juga memberikan bantuan sembako, makanan siap saji, dan susu. Barang lainnya yang diserahkan mereka antara lain perlengkapan dan pakaian anak-anak, Pampers untuk bayi, perlengkapan ibadah, dan sarana untuk tidur. 

Perwakilan HIPMI Peduli Jabar yang berkunjung ke Cibuntu, Ikrar Diputra mengatakan, bantuan yang disalurkan rekan-rekannya didedikasikan untuk meringankan beban para korban banjir di Cicurug dan sekitarnya.

Pada bencana di Cicurug yang terjadi Senin (21/9/2020), 13 desa dan 1 kelurahan di kecamatan-kecamatan Cicurug, Cidahu, dan Parungkuda terdampak. Ratusan rumah rusak, 3 warga meninggal dunia, dan berbagai sarana publik hancur lebur.

“Penyaluran bantuan ini merupakan peran serta pengurus HIPMI untuk meringankan beban korban bencana,” ujar Ikrar.

Insya Allah, kata dia, penyaluran bantuan ini murni merupakan bentuk kepedulian HIPMI kepada sesama yang sedang dilanda bencana. Semua barang yang disalurkan kepada para korban bencana itu dikumpulkan selama dua hari. Mungkin tidak seberapa, ujar Ikrar, tapi mudah-mudahan bermanfaat bagi mereka yang terdampak banjir.

Di samping itu, rencananya HIPMI akan memberikan dukungan untuk para relawan dan petugas gabungan di posko yang bertugas dalam proses pemulihan area terdampak banjir.

“Rencananya jika memungkinkan kami akan membuka stand kopi khusus untuk para relawan dan petugas yang ada di lokasi bencana. Dukungan untuk mereka juga sangat penting sebagai upaya membantu kelancaran evakuasi dan normalisasi daerah terkena bencana,” tutur Ikrar. 

Kepedulian pada sesama dan aksi sosial yang dilakukan kalangan pengusaha muda itu, lanjut dia, sejalan dan relevan dengan motto HIPMI ‘Pengusaha Pejuang-Pejuang Pengusaha’ yang bermakna bahwa kader-kader HIPMI tidak saja diharapkan menjadi pengusaha tangguh tetapi juga menjadi pengusaha berwawasan kebangsaan dan insan yang memiliki kepedulian terhadap tuntutan nurani rakyat.

Di posko bencana Cibuntu, Kabid  Rehabilitasi dan Rekonstruksi pada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani mengapresiasi bantuan yang diberikan HIPMI Peduli Jabar tersebut. 

“Bantuan dari HIPMI sangat bermanfaat bagi para korban bencana banjir. Para korban sangat membutuhkan bantuan tersebut. Semoga aksi yang dilakukan HIPMI itu dapat menjadi motivasi bagi komunitas masyarakat yang lain. Mudah-mudahan amal baik mereka mendapat balasan berlipat-lipat kali dari Allah SWT,” kata Anita. (*)

Print Friendly, PDF & Email