KPU Segera Membuat Surat Suara: Nomor 1 Adjo-Iman, 2 Marwan-Iyos, 3 Bakang-Siroj

oleh -
Para calon bupati menunjukkan nomor masing-masing pada pengundian nomor urut peserta Pilbup Sukabumi tahun 2020.

Wartawan Aep Saepudin

Tahapan pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sukabumi Tahun 2020 menghasilkan nomor urut 1 bagi pasangan Drs. H. Adjo Sardjono, M.M.-Iman Adinugraha, S.E., Akt., CA (Adjo-Iman).

Sementara paslon Drs. H. Marwan Hamami, M.M.-Drs. H. Iyos Somantri, M.Si. (Marwan-Iyos) meraih nomor urut 2 dan pasangan DR. KH. Abu Bakar Sidik, M.Ag. dan H. Sirojudin, S.E. (Bakang-Siroj) mendapat nomor urut 3.

Rapat pleno pengundian nomor urut paslon Pilbup Sukabumi tahun 2020 digelar di Inna Samudera Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Kamis (24/9/2020).

Setelah memimpin rapat pleno pengundian nomor urut paslon, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengatakan, nomor urut dan daftar pasangan calon bupati-wabup Sukabumi akan digunakan sebagai bahan untuk mencetak surat suara.

“Daftar pasangan peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Tahun 2020 juga akan dijadikan bahan untuk sosialisasi dan dipasang pada hari pemungutan suara di setiap TPS,” kata Ferry. 

Pengundian nomor urut paslon dilaksanakan berdasarkan Peratura KPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pelaksanaanya dihadiri Bawaslu Kabupaten Sukabumi dan semua pasangan calon yang masing-masing didampingi seorang nara hubung (LO, liaison officer). Seluruh tahapannya menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan mendapat pengamanan yang ketat dari Polri, TNI, dan Satpol PP.

Pada acara itu dilaksanakan pula penandatanganan Fakta Integritas dan Deklarasi Pemilihan Patuh Regulasi dan Patuh Protokol Kesehatan pada Pilbup Sukabumi Tahun 2020 oleh paslon, KPU, Bawaslu, dan para pihak terkait.

Hasil dari pengudian nomor urut tersebut dituangkan di dalam Keputusan KPU Kabupaten Sukabumi Nomor: 153/PL.02.3-Kpt/3202/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Nomor Urut dan Daftar Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Tahun 2020.

Terkait tahapan kampanye, Ferry menyatakan, berdasarkan PKPU Nomor 13 Tahun 2020, mekanisme dan pelaksanaannya harus memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (*)

Print Friendly, PDF & Email