Komunitas Chef Ramai-ramai Menjadi Relawan di Dapur Umum Posko Banjir

oleh -
Para chef dari Bogor, Sukabumi, dan Cianjur beramai-ramai menggabungkan diri dengan Posko Cibuntu untuk melayani para korban banjir, petugas posko, dan para relawan.

Wartawan Suryana

Komunitas chef atau ahli masak dari Bogor, Sukabumi, dan Cianjur bersatu padu untuk menjadi relawan di dapur umum posko banjir bandang Cicurug. Mereka bergabung dengan juru masuk dari komuninas lainnya untuk melayani para korban bencana, petugas posko, dan para relawan.

banner 970x90

Para profesional di bidang masak-memasak itu sudah berada di Posko Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi sejak posko didirikan. Mereka mencurahkan segala ilmu, pengalaman, dan keterampilan untuk meyediakan makanan bagi ribuan orang yang tinggal di tempat tinggal darurat.

“Kami ikhlas mengabdi untuk kemanusiaan. Para chef terpanggil membantu  korban banjir bandang dengan bergabung ke Posko Cibuntu,” kata Samin, chef senior dari Komunitas Chef Bogor kepada wartawan, Jumat (25/9/2020).

Sebelum berangkat ke Cibuntu, ujar Samin, dirinya berkoordinasi dengan rekan-rekannya di Bogor untuk membantu para korban banjir bandang. Semua sepakat meluncur ke Cicurug untuk menjalankan tugas kemanusiaan guna meringankan beban posko dalam menyediakan makanan dan minuman. 

“Tidak ada beban bagi kami untuk menangani urusan penyediaan konsumsi di posko. Semua senang dan tetap semangat dalam menjalankan pengabdian,” tutur dia.

Kekompakan juga ditunjukkan oleh Komunitas Chef Suci (Sukabumi-Cianjur) yang juga ikut menjadi bagian dari kesibukan dapur umum di Posko Cibuntu. Di bawah kepemimpinan Deden, anggota KC Suci kompak memberikan pengabdian terbaiknya untuk kemanusiaan dan sosial.  

Sementara itu Ariawan Novianto dari Indonesia Chef Association (ICA) mengatakan, jiwa sosial para chef di Indonesia sudah terasah sejak lama. Mereka sering terjun di posko-posko bantuan untuk melayani para korban bencana dan para relawan.

“Kami juga bergabung dengan Posko Cibuntu,” kata pengajar mata pelajaran kitchen di SMK Pariwisata Indonesia Cicurug ini. (*)  

Print Friendly, PDF & Email