Ketua Apdesi Bojonggenteng Kagumi Situ Cikubang Sebagai Aset Wisata Desa

oleh -
Ketua Apdesi Kecamatan Bojonggenteng, H. Ujang Suparman saat menikmati lingkungan Situ Cikubang.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, H. Ujang Suparman mengagumi keberadaan dan potensi Situ Cikubang yang ada di Desa Bojonggaling, Kecamatan Bojonggenteng.

banner 970x90

Menurut Ujang, Situ Cikubang memiliki potensi besar untuk menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dari program desa wisata. Pada gilirannya, pengelolaan situ ini dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di sekitar tempat wisata tersebut.

“Insya Allah ke depan Situ Cikubang bisa menjadi kawasan destinasi wisata andalan di wilayah Kecamatan Bojonggenteng, khususnya Desa Bojonggaling,” kata Ujang yang sehari-hari mengabdi sebagai Kepala Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng kepada wartawan, Jumat (25/9/2020).

Banyak kelebihan Situ Cikubang, ujar dia. Selain pemandangannya indah dan dikelilingi pepohonan yang rimbun, tempat ini memiliki suber air yang jernih dan udara sejuk. Ujang yakin, banyak wisatawan yang tertarik dengan suasana di destinasi wisata alami tersebut.

Situ Cikubang merupakan anugerah bagi Desa Bojonggaling. Karena itu, kata Ujang, sudah seharusnya pemerintah dan warga Desa Bojonggaling bersyukur atas anugerah itu. Jika dikelola dengan baik, Situ Cikubang dapat menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah desa dan masyarakat.

Pemandangan dari atas Situ Cikubang lepas ke arah perkebunan  di sebelah bawah yang dipenuhi pepohonan rindang dan hijau.

”Saya sering berkunjung ke Situ Cikubang. Di tempat wisata ini saya dapat menikmati pemandangan yang indah dan udara yang menyegarkan tubuh,” tuturnya.

Selama ini, Apdesi Kecamatan Bojonggenteng terus mendorong desa-desa untuk mengembangkan dan membangun desa wisata. Dia selalu memotivasi para kepala desa yang ada di Kecamatan Bojonggenteng agar dapat memanfaatkan kekayaan alam untuk mengembangkan wisata desa. (*)

Print Friendly, PDF & Email