Tim Gabungan Gelar Operasi Yusitisi Penegakan Protokol Kesehatan

oleh -
Petugas gabungan memberikan masker kepada warga yang tidak mentaati protokol kesehatan ketika berada di area publik.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Tim gabungan dari Polsek, Satpol PP, dan Puskesmas Ciambar, Kabupaten Sukabumi menggelar Operasi Yustisi untuk penegakan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker. Operasi digelar di depan Kantor Kecamatan Ciambar, Rabu (23/9/2020).

banner 970x90

Pada operasi itu, para petugas mencegati sepeda motor yang pengemudi atau penumpangnya tidak mengenakan masker. Mereka memberikan arahan kepada warga yang melanggar aturan protokol kesehatan. Setelah itu tim gabungan memberikan masker untuk digunakan oleh warga yang tidak mengenakan alat pelindung diri (APD) tersebut.

Di lokasi kegiatan, Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Ciambar, Kusyana mengatakan, Operasi Yustisi yang melibatkan berbagai unsur aparat tersebut bertujuan untuk mengawasi penggunaan masker di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Ciambar.

“Kami bersama-sama jajaran Polsek, Satpol PP,  dan Puskesmas Ciambar melaksanakan Operasi Yustisi untuk melihat dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat terhadap aturan-aturan protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Kusyana.

Selain di depan kantor kecamatan, lokasi yang dijadikan tempat Operasi Yustisi menyebar di berbai titik dengan fokus perbatasan wilayah kecamatan yang sering dilewati warga.

“Berdasarkan laporan yang kami himpun, di sekitar perbatasan masih banyak warga yang tidak mengenakan masker. Kami memberikan peringatan kepada warga yang tidak mentaati aturan protokol kesehatan itu,” tutur sekmat.   

Kepada pelanggar aturan, tim gabungan memberikan masker untuk segera dipakai. Setelah mengenakan masker, si pelanggar dipersilakan untuk melanjutkan perjalanannya.  

Operasi Yustisi, ujar dia, akan terus digelar di wilayah Kecamatan Ciambar. Selanjutnya cakupan wilayah operasi akan diperluas hingga ke desa-desa dengan melibatkan satuan tugas di tingkat desa. (*)

Petugas menghentikan sepeda motor yang penumpangnya tidak mengenakan masker dalam Operasi yustisi di depan Kantor Kecamatan Ciambar.

Print Friendly, PDF & Email