Menuntut Hak, Ratusan Eks Karyawan Datangi PT. MGL

oleh -
Para eks karyawan mendatangi pabrik PT MGL untuk menuntut hak mereka yang belum dibayarkan oleh manajemen perusahaan tersebut.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Ratusan bekas karyawan mendatangi perusahaan garmen PT MGL (Muara Griya Lestari) di Jalan Raya Sukabumi-Bogor Km 10 Kadupugur, Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Minggu (20/9/2020). Mereka menuntut hak gaji yang belum dibayarkan oleh pihak PT GML.

Aksi tersebut merupakan tindak lanjut dari aksi-aksi sebelumnya oleh para bekas karyawan PT MGL. Pada setiap kedatangan ke pabrik dan kantor PT MGL, mereka selalu menyampaikan tuntutan yang sama yaitu menginginkan penyelesaian pembayaran atas hak para bekas pekerja.

“Kami mendesak dan menuntut pihak perusahaan untuk segera membayarkan hak kami yang penyelesaiannya terkantung-katung,” kata salah satu eks pakerja, Wawan di depan pabrik PT MGL.

Sudah sekitar 2 tahun Wawan menunggu kepastian pembayaran haknya sebagai bekas karyawan PT MGL. Menurut dia, PT MGL masih memiliki tunggakan atas hak gaji terhadap dirinya. Wawan menginginkan perusahaan tempatnya bekerja dulu dapat segera menyelesaikan pembayaran hak dan gaji para eks karyawan.

“Supaya tidak berlarut-larut, permasalahan yang terjadi di antara PT MGL dan eks karyawan sebaiknya segera diselesaikan. Kalau sudah diselesaikan, semua pihak akan merasa tenang,” tutur Wawan.

Rekan-rekan Wawan juga menyuarakan aspirasi senada. Mereka mendesak perusahaan tersebut untuk membereskan hak mereka yang belum dibayarkan oleh manajemen PT MGL. Sampai sekarang di tengah badai wabah Covid-19, mereka belum melihat titik terang dan tanda-tanda hak mereka akan segera dilunasi.

“Jika tidak ada kepastian jadwal pembayaran hak dan gaji eks karyawan, kami akan mengadakan aksi unjuk rasa ke Disnaker Kabupaten Sukabumi. Biar urusannya ditangani oleh aparat pemerintah,” kata salah seorang peserta aksi.

Mereka juga meminta bantuan ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk menyelesaikan permasalahan antara eks karyawan dan PT MGL. (*)  

Print Friendly, PDF & Email